Penerapan Perluasan Teori Perilaku Berencana: Memahami Faktor yang Mempengaruhi Intensi Perilaku Tertib Lalu Lintas di Kalangan Mahasiswa

Main Article Content

Ikhsan Fuady
Maula Asri Ramadhani
Adya Puspita
Khilda Rosyidah
Rama Noor Dzalaludin

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia tidak terlepas dari buruknya berilaku sebagian masyarakat dalam berdisiplin lalu lintas. Perilaku tertib lalu lintas merupakan perilaku yang penting dilakukan sebagai upaya pencegahan kecelakaan di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi intensi mahasiswa dalam berperilaku tertib lalu lintas dengan kerangka teori perilaku berencana. Metode penelitian ini didesain sebagai penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pragram Studi Ilmu Komunikasi Unpad, dengan jumlah sampel 122 responden. Metode atau teknik sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Temuan penelitian ini adalah diketahui bahwa sikap mahasiswa tentang tertib lalu lintas, norma sosial memiliki pengaruh positif terhadap niat mahasiswa untuk berperilaku tertib di jalan raya. Sementara aspek persepsi resiko memiliki pengaruh negatif terhadap niat mahasiswa untuk berperilaku tertib di jalan raya.

Article Details

Section
Articles

References

Anggarasena, B. 2010. “Strategi Penegakan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas Dan Mewujudkan Masyarakat Patuh Hukum.” Tesis Undip.

Ardiansyah, Novian.2019. Mahasiswa dan Pelajar Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas Saat Berkendara Motor.tribunnews.com.28Januari2019. https://jakarta.tribunnews.com/2019/01/28/mahasiswa-dan-pelajar.

Azka, Rinaldi Mohammad.2019. Survei Menunjukkan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Didominasi Pelajar.Kontan.com.25september2019.https://ekonomi.bisnis.com/read/20190925/98/1152186/survei-menunjukkan-korban-kecelakaan-lalu-lintas-didominasi-pelajar

Cristea, Mioara, and Patricia Delhomme. 2016. “The Effects of Co-Presence on Risk Perception and Intention to Engage in Risky Behaviors.” Journal of Safety Research 56: 97–103. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2015.12.006.

Iversen, Hilde, and Torbjørn Rundmo. 2004. “Attitudes towards Traffic Safety, Driving Behaviour and Accident Involvement among the Norwegian Public.” Ergonomics 47 (5): 555–72. https://doi.org/10.1080/00140130410001658709.

Kriyantono 2009, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi (disertai Contoh Praktis Riset Media Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran), Edisi ke-3, Kencana Prenada Media Group, Jakarta,

Kumphong, Jetsada, Thaned Satiennam, Wichuda Satiennam, and Wichuda Satiennam C. 2017. “A Study of Social Norms and Motorcycle Helmet Use Intentions among Student Riders in University: A Comparison of the Theory of Reasoned Action and the Theory of Planned Behavior Automatic System for Road Safety View Project A Study of Social Norms and Mot.” Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, no. 2016. https://www.researchgate.net/publication/325010258.

Marsaid, M Hidayat, and Ahsan. 2013. “Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres.” Jurnal Ilmu Keperawatan 1 (2): 98–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v49i5p475-482.

Moan, Inger Synnøve. 2013. “Whether or Not to Ride with an Intoxicated Driver: Predicting Intentions Using an Extended Version of the Theory of Planned Behaviour.” Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour 20 (1369): 193–205. https://doi.org/10.1016/j.trf.2013.08.001.

Permana, Bambang Eka. 2013. Faktor Penyebab Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Pengendara Sepeda Motor Di Kota Kuningan.

Ramadhan, Ardito. 2019. Polri Sebut Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat pada 2019.kompas.com.29.Desember2019.,https://nasional.kompas.com/read/2019/12/28/10355741/polri-sebut-jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-meningkat-pada-2019

Sawant, Ruta, and Sujit Sansgiry. 2018. “Communicating Risk of Medication Side-Effects: Role of Communication Format on Risk Perception.” Pharmacy Practice 16 (2): 1–8. https://doi.org/10.18549/PharmPract.2018.02.1174.

Singarimbun, Masri dkk, (1989), Metode Penelitian Survei 2013 (Edisi Revisi), Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta,

Tunnicliff, Deborah J., Barry C. Watson, Katherine M. White, Melissa K. Hyde, Cynthia C. Schonfeld, and Darren E. Wishart. 2012. “Understanding the Factors Influencing Safe and Unsafe Motorcycle Rider Intentions.” Accident Analysis and Prevention 49: 133–41. https://doi.org/10.1016/j.aap.2011.03.012.

Yoo, Woohyun. 2019. “How Risk Communication via Facebook and Twitter Shapes Behavioral Intentions: The Case of Fine Dust Pollution in South Korea.” Journal of Health Communication 24 (7–8): 663–73. https://doi.org/10.1080/10810730.2019.1655607.