Peran Perusahaan Dalam Kontribusi Sustainable Development Goal’s Di Bidang Pendidikan dan Lingkungan

Yosina Kahibela Miha Djodi Gadja

Abstract


Rendahnya kualitas pendidikan dan lingkungan di Indonesia khususnya didaerah yang memiliki kategori terluar, terdepan dan terbelakang menjadi permasalahan yang cukup kompleks, dimana wilayah tersebut menjadi tanggung jawab dari perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuan dari penelitian ini menganalisis kontribusi perusahaan dalam mewujudkan Sustainable Development Goal’s (SDGs) di bidang pendidikan dan lingkungan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lingkungan di Indonesia melalui program Sekolah Suku Anak Dalam (SAD). Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan teori Difussion of Innovation. Melalui program CSR nya, PT JOB Pertamina – Talisman mampu memberikan kontribusi terhadap SDG’s. Dengan implementasi program Sekolah Suku Anak Dalam yang terbagi dalam Program Baca, Tulis, Hitung, Program Sekolah Apung yang menghasilkan inovasi proses pembelajaran untuk daerah terluar yang berkontribusi secara langsung terhadap SDG’s.


Full Text:

PDF

References


Armenia, R. (2013). Respon Masyarakat Terhadap Program Corporate Social Responsibility Peningkatan Kualitas Pendidikan. Universitas Gadjah Mada.

Banyuasin, S. D. M. (2007). http://sdgsindonesia.com/2016/09/07/implementasi-sdgs-dalam-rencana-pembangunan/. http://sdgsindonesia.com/2016/09/07/implementasi-sdgs-dalam-rencana-pembangunan/

Carroll, A. B. (1991). The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward The Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39–48.

Corbin, J., & Strauss, A. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif Tata langkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi. Cetakan Ke III. Penerjemah: Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koentjaraningrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, S. (2009). Teori Difusi Inovasi. Online) Https://Wsmulyana. Wordpress. Com/Tag/Everett-m-Rogers/(Diakses Pada Tanggal 22 Juni 2016).

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations 5 Rd Ed. Free Press of Glenncoe. Ed. Free Press of Glenncoe.

Sukada, S. (2007). CSR for Better Life: Indonesia Context: Membumikan Bisnis Berkelanjutan Memahami Konsep & Praktik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Indonesia Business Links (IBL). Jakarta.

Tanakinjal, G. H., Deans, K., & Gray, B. (2011). Intention to Adopt Mobile Marketing: An Exploratory Study in Labuan, Malaysia. Asian Journal of Business Research, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28008

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF file view : 62 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28008.g17115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref



Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.