Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur

Main Article Content

I Gusti Ngurah Ngurah Santika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi peran keluarga dalam menghadapi persoalan Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa optimalisasi peran keluarga dalam menghadapi persoalan Covid-19 dapat diketahui dari (1) kemampuan mendisiplinkan seluruh perilaku anggotanya, (2) mengedukasi atau mendidik anak-anaknya supaya mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah, (3) mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan hidup anggotanya, (4) menanamkan kebiasaan pada anggotanya untuk senantiasa mempraktikkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur, (5) memelihara kesehatan mental anggotanya, (6) saling memotivasi dan menguatkan, (7) sosial kemasyarakatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia sebaga mahkluk sosial.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

I Gusti Ngurah Ngurah Santika, Universitas Dwijendra

Lahir 1 Agustus 1988, sekarang bekerja sebagai pengajar di prodi PGSD Universitas Dwijendra

References

Abdulaziz, D. (2016). Motivasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Olahraga Pada Sore Hari Di Sekitar Area Taman Sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(2), 113–120.

Agus, A. (2010). Pentingnya Peran Olahraga Dalam Menjaga Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh.

Agustin, D. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak, serta Budi Pakerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.

Ardian, I. (2013). Pemberdayaan Keluarga (Family Empowerment) Meningkatkan Koping Keluarga Diabetes Milutus Tife 2. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 141–149.

Aswiyati, I. (2016). Peran Wanita Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Keluarga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. Jurnal Holistik, 9, 1–18.

Ayun, Q. (2016). Pendidikan dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam. Attarbiyah, 26, 91–118.

Aziz, A. (2017). Relasi Gender Dalam Membentuk Keluarga Harmoni (Upaya Membentuk Keluarga Bahagia). Harkat: Media Komunikasi Islam Tentang Gender Dan Anak, 12(2), 27–37.

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Telaah Epistemologis. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, 3(2), 92–107.

Bank, I. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia Tahun 2019.

Bryantara, O. F. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani (Vo2maks) Atlet Sepakbola. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 237–249.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226.

Dewi, K. S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. UPT Undip Press.

Fahrudin, A. (2012). Keberfungsian Keluarga: Konsep Dan Indikator Pengukuran Dalam Penelitian. Informasi, 17(2), 75–81.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. (n.d.). Data Sebaran Indonesia.

Hambali, D. (2019). Tingkat Kebugaran Jasmani Lansia Dikaji Berdasarkan Tingkat Partisipasi dan Gender. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 1–11.

Jacobsen, D. (2004). Theories of the Famliy and Policy. Treasury Working Paper.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260.

JNN. (n.d.). Empat Strategi Pemerintah Atasi Covid-19. Retrieved June 13, 2020, from https://covid19.go.id/p/berita/empat-strategi-pemerintah-atasi-covid-19

Kelen, D. (2016). Tugas Keluarga Dalam Pemeliharaan Kesehatan Dengan Mekanisme Koping Lansia. Jurnal Care, 4(1), 58–65.

Kurnianto, D. P. (2015). Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 19–30.

Lin, D. (2020). COVID-19 pneumonia patient without clear epidemiological history outside Wuhan: An analysis of the radiographic and clinical features. Clinical Imaging, 65, 82–84.

Liu, D. (2020). COVID-19: The first documented coronaviruspandemic in history. Biomedical Journal, 1–6.

Mirza, R. (2017). Memaksimalkan Dukungan Keluarga Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Millitus. Jurnal Jumantik, 2(2), 12–30.

Nasution, K. (2008). Membangun Keluarga Bahagia (Smart). Al-Ahwal, 1(1), 1–16.

Nicola. (2020). Thesocio-economic implications of the corona virus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78, 185–193.

Nolan, D. (2020). European Resuscitation Council COVID-19 Guidelines Executive Summary. Journal Pre-Proof, 1–34.

Prasetyo, Y. (2013). Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. Medikora, 11(2), 219–228.

Putri, D. (2015). Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia (Pengetahuan Dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan Mental). Proseding KS: Riset Dan PKM, 252–258.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18.

Retnowati, D. (2003). Peranan Keberfungsian Keluarga Pada Pemahaman dan Pengungkapan Emosi. Jurnal Psikologi, 2, 91–104.

Rosmalawati, K. (2016). Kebutuhan Dasar Manusia I. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Rustina. (2014). Keluarga Dalam Kajian Sosiologi. Musawa, 6(2), 287–322.

Safrizal, D. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah (Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Managemen). In Kemendagri.

Saifuddin, A. F. (2006). Keluarga dan Rumah Tangga: Satuan Penelitian dalam Masyarakat. Antropologi Indonesia, 30(3), 247–253.

Santika, I. G. N. dkk. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 54–66.

Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990

Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.

Sharma, R. (2013). The Family and Family Structure Classification Redefined for the Current Times. Journal of Family Medicine and Primary Care, 2(4), 306–310.

Simon, D. (2009). Closure of schools during an influenza pandemi. Review, 9, 473–481.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sulaiman, Ahmad; Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86–96.

Sulistiowati, D. (2015). Pemberdayaan Keluarga Melalui Pemberian Pendidikan Kesehatan Dalam Merawat Anggota Keluarga Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 3(2), 141–144.

Supriyono, D. (2015). Pendidikan Keluarga Perspektif Masa Kini. Kemendikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Suryani. (n.d.). Peran Masyarakat Sipil Dalam Menghadapi Covid-19 Di Indonesia. Retrieved June 13, 2020, from http://www.politik.lipi.go.id/kolom/kolom-2/politik-nasional/1389-peran-masyarakat-sipil-dalam-menghadapi-covid-19-di-indonesia

Team. (2016). Pembangunan Ketahanan Keluarga. Kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Anak dengan Badan Pusat Statistik.

Thomas, D. (2017). Family Relationships and Well-Being. Innovation in Aging, 1(3).

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-2019) situation reports, Data as received by WHO from national authorities by 10:00 CEST, 09 June 2020.

Yigibalom, L. (2013). Peranan Interaksi Anggota Keluarga Dalam Upaya Mempertahankan Harmonisasi Kehidupan Keluarga Di Desa Kumuluk Kecamatan Tiam Kabupaten Lanny Jaya. Journal, 2(4), 1–19.