Implementasi Program PKK Bidang Pemberdayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Gampong Lancong

Main Article Content

Sri Devfa
Nellis Mardhiah

Abstract

Program PKK Bidang Pemberdayaan Pendidikan merupakan program yang bergerak untuk mensejahterakan masyarakat dengan meningkatkan pendidikan generasi pemuda di Gampong Lancong. Dalam pelaksanaan program ini diperlukan partisipasi dari masyarakat Lancong agar program ini terlaksana dengan baik, sementara untuk  masyarakat lancong sendiri sangat mini m dengan dunia literasi bahkan rendahnya tingkat pendidikan karena Desa Lancong merupakan desa terpencil yang ada di Aceh Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kebijakan dari program PKK bidang pemberdayaan pendidikan di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan case study, teknik pengumpulan data dengan purposive sampling dengan jumlah responden enam orang dan tahapan penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian program PKK menunjukkan bahwa implementasi sudah tercapai akan tetapi belum terlaksana secara maksimal dimana sosialisasi belum dilaksanakan bagi masyarakat Lancong dalam bidang pemberdayaan pendidikan. Pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pendidikan masih minim, masyarakat lancong lebih memilih untuk bekerja di usia muda dan tidak ingin melakukan pendidikan karena menurut mereka pendidikan belum menjamin kehidupan masyarakat sementara bekerja sebagai petani dan penggali emas sudah pasti menjamin kehidupan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan ini belum berjalan secara efektif dan efisien.

Article Details

Section
Articles

References

Al’amin, A. (2017). Penerapan Program Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). JOM FISIP, 4(2), 1–15.

Citra, I. P. A. (2017). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Ekowisata Wilayah Pesisir Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 31. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.8484

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Destri Rahmawati. (2019). Implementasi Program Kerja PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dalam Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga di Desa Ratna Chaton Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Mau’idhoh Hasanah : Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 79–91. https://doi.org/10.47902/mauidhoh.v1i1.34

Kusrina, T. (2017). Pemberdayaan Perempuan Meningkatkan Keterampilan Kegiatan PKK di Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Pendidikan, 2, 55–65.

Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2, 82–88.

Mananeke, L., Mandey, S., & Mufidah, M. (2014). Analisis Tingkat Pendidikan, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Asuransi Jasaraharja Putera Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1339–1348. https://doi.org/10.35794/emba.v2i2.4726

Muzaqi, A. H., Pratama, M. R., & Widodo, S. (2020). Strategi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas Netra Melalui Kebijakan Ingklusif. Journal Publicuho, 3(3), 381. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i3.14010

Nurfadillah, S. U. (2019). Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program UP2K-PKK Di Desa Kayuambon Lembang. Jurnal Comm-Edu, 2(1), 90–100.

Nurhanifa, D., & Tjoetra, A. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Dana Desa: Sebuah Kebijakan Pemerintah Aceh Barat. Jurnal Public Policy, 5(2).

Pathony, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) di Kabupaten Subang. 1(2), 262–289.

Retno, E. K. (2011). Pengaruh Pendidikan dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2004, 1–20.

Satria, A. L. M., Fikri, Z., & Amar, H. (2021). Implementasi Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga-Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (UP2K-PKK) di Desa Air Ruai. Prosiding Seminar Nasional Perbatasan Dan Desa, April, 58–70.

Sunaryo, A. (2020). Implementasi Pemberdayaan Pendidikan Melalui 10 Program Pokok PKK. Journal Public Service and Governance, 1(2), 253–278.

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Dadi, M. Y. (2018). Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Negara Melalui Program Pokok PKK. JIP, 8(1), 62–71.

Wanti, L. P., & Tripustikasari, E. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Bagi Kader PKK dan Posyandu Di Desa Patikraja. Indonesian Journal Of Civil Society, 1(1), 17–23.

Xie, H., Wen, J., & Choi, Y. (2021). How the SDGs are implemented in China——A comparative study based on the perspective of policy instruments. Journal of Cleaner Production, 291, 125937. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.125937