Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Aktivitas Siswa

Authors

  • Rohil Husniati
  • I Nyoman Gita

Keywords:

PBL, Mind Mapping, Aktivitas, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja melalui penerapan PBL dengan metode Mind Mapping.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus berupa soal essay.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I berkategori cukup dan pada siklus II aktivitas belajar siswa berkategori sangat tinggi. Dapat dilihat terdapat peningkatan kategori aktivitas belajar siswa dari tiap siklus. Berdasarkan analisis hasil evaluasi belajar siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 79,41% dan 88,23%. Dari hasil belajar, terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II yang menandakan prestasi belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan metode Mind Mappingpada pembelajaran logika matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 2 Singaraja. 

 

References

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map.Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.

Buzan.Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran :The Mind Map Book. Batam: Interaksa.

Depdikbud. 1995. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Matematika SMU. Jakarta: Depdikbud.

Hudojo, H. 2002. Peta Konsep. Jakarta : Makalah Disajikan Dalam Forum Diskusi Pusat Pembukuan Depdiknas.

Mualam, Ibnu. 2016. Model Problem Based Learning. Jakarta: Universitas Jember.

Nafi’ati, U. 2008. Penggunaan Blok Aljabar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matemtika Siswa Kelas VII Mts Lengkong Batang Pati. Yogyakarta: UIN SunanKalijaga.

Nurkencana, W. dan Sunarta,PPN. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sardirman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiarto, I. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir Holistik dan Kreatif.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi. 2014. PANDUAN PLPG 2014 (Materi Analisi Video dan Strategi Pembelajaran). Mataram: Universitas Mataram.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles