Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Authors

  • Ria Syafa Atun Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Dibia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wiarsini Wiarsini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik

Abstract

Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas V SD Jomblangan Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya Pembelajaran Matematika Realistik pada  proses pembelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika. Kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase partisipasi siswa dari siklus I sebesar 74,39% menjadi 88,56% pada siklus II. Meningkatnya hasil belajar matematika dapat dilihat dari pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa (21,62%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (51,35%) dan pada  siklus II meningkat menjadi 32 siswa (86,5%).

References

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikannya dengan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Khumaira, I Komang Sudarma, & Desak Putu Parmiti. (2013). Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII Semester Genap Di MTSN Patas Kecamatan Gerogak Tahun Pelajaran 2012/2013. Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/download/944 pada tanggal 5 Mei 2019 pukul 12.00 WIB.

Nyimas Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas: Jakarta.

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles