Penerapan Model Student Team Achievement Division Berbantuan Media Kartu Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Anggra Rendra Setiawan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Student Team Achievement Divisions, Media Kartu Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan  sederhana melalui model pembelajaran Student Team Achievement Divisions berbantuan media kartu pecahan pada siswa kelas II SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 4 tahap yakni perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktivan siswa dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions  berbantuan media kartu pecahan dapat meningkatkan  hasil belajar siswa materi pecahan sederhana kelas II SD. Pada pra siklus dan siklus I sebesar 12.53% yaitu pada tahap pra siklus terdapat 13 siswa (54,17%) sedangkan pada siklus I terdapat 16 siswa (66,7%) yang mencapai nilai tuntas. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,46%. Hal tersebut dilihat dari hasil siklus I terdapat 16 siswa (66,7%) dan pada siklus II terdapat 19 siswa (79,16%) yang mencapai nilai tuntas.

References

Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Assesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Penerjemah: Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Masitoch, N, dkk. (2009). Gemar Matematika 3: Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa, H.E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2010). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles