Pelaksanaan Lesson study Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Script di Kelas X IBB 2
DOI:
https://doi.org/10.23887/jil.v2i1.39157Keywords:
Lesson Study, Cooperative ScriptAbstract
Lesson Study ini membahas pelaksanaan pembelajaran memahami bacaan bahasa inggris menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script yang dilaksanakan di kelas X IBB 2 SMA Negeri 3 Singaraja. Tujuan penelitian ini adalah Pelaksanaan lesson study ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode pembelajaran Cooperative Script diterapkan di dalam kelas tersebut. Penelitian ini Lesson study diselenggarakan dalam 3 tahapan, yaitu Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan dan See (refleksi). Subjek penelitian yaitu 34 peserta didik di kelas X IBB 2 SMA Negeri 3 Singaraja dengan objek penerapan metode pembelajaran Cooperative Script di kelas tersebut. Berdasarkan pelaksanaan Lesson Study terdapat hal-hal yang terjadi seperti: Terdapat 2 peserta didik yang tidak hadir dalam KBM, terdapat 2 peserta didik yang dipanggil saat proses do berlangsung, terdapat 1 peserta didik yang masih belum berkonsentrasi, terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengerti instruksi yang diberikan oleh guru model pada salah satu kegiatan dalam pembelajaran.
References
A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva press.
Ahuja, P. dan Ahuja, G.C. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Foutch, Sherry & Torres, Letisia. 2013. Cooperative Script. (Online), (https://prezi.com/_pnv0r91zvkh/cooperative-scripts/), diakses Februari 2019.
Ismair. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Terhadap Kemampuan Memahami Teks Bahasa Inggris, diakses Januari 2019
Pengertian, Tujuan, Ciri Narrative Text dan Contohnya
https://inggrisonline.com/pengertian-tujuan-ciri-narrative-text-dan-contohnya/, diakses 29 Januari 2019
Suprijono, Agus (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.