Video Pembelajaran Berlandaskan Tri Hita Karana pada Materi Ekosistem

Authors

  • I Gusti Nyoman Mudiardi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singara, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singara, Indonesia

Abstract

Siswa yang kurang memahami pembelajaran online khususnya pelajaran IPA.  Hal ini karena kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan teknologi dan membuat media pembelajaran. Hal berdampak pada kemampuan, minat, motivasi, dan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran berlandasan Tri Hita Karana pada materi ekosistem kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan model 4-D . Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media, dan 2 ahli materi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu ratting scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli materi I yaitu 98,66% dan materi II 96%. Rata-rata penilaian yaitu 97,33% (kualifikasi sangat baik). Hasil penilaian ahli media I yaitu 96% dan ahli media II yaitu 93.,33%. Rata-rata penilaian yang diberikan ahli media yaitu 94,66% (sangat baik). Disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Video pembelajaran dapat menumbuhkan minat belajar IPA.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884

Andarwulan, T., Al Fajri, T. A., & Damayanti, G. (2021). Elementary teachers’ readiness toward the online learning policy in the new normal era during Covid-19. International Journal of Instruction, 14(3), 771–786. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14345a

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anjasari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1). https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Apriansyah, R., Fransinatra, Z., & Ririen, D. (2020). The Influence of Instructors Competency and Facilities on The Quality of Education and Training Center (ETC) Graduates in Facing The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 13–25. https://doi.org/10.34006/jmbi.v9i2.223

Astuti, M., Arifin, Z., Mutohhari, F., & Nurtanto, M. (2021). Competency of Digital Technology: The Maturity Levels of Teachers and Students in Vocational Education in Indonesia. Journal of Education Technology, 5(2), 254–262. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.35108

Ayu, D., Manu, M., & Priantini, O. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4, 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608

Batubara, H.H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Batubara, Hamdan Husein, & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Busyaeri, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Chen, E., & Li, Z. (2011). On the application of multimedia technology in foreign language teaching and learning in China’s colleges: Challenges, problems and implications. 2011 International Conference on Multimedia Technology, ICMT 2011, 595–597. https://doi.org/10.1109/ICMT.2011.6001903

Cohn, J. (2016). “Devilish Smartphones” and the “Stone-Cold” Internet: Implications of the Technology Addiction Trope in College Student Digital Literacy Narratives. Computers and Composition, 42. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2016.08.008

Dwija Putri, I. G. A. M. A., Ulupui, I. G. K. ., & Wirawati, N. G. P. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Budaya Tri Hita Karana Pada Kinerja Bank Perkreditan Rakyat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17. https://doi.org/10.24843/jiab.2017.v12.i01.p03

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097

Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 24–33. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Incedayı, N. (2018). The Impact of Using Multimedia Technologies on Students Academic Achievement in the Bakirköy Final College. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.20431/2349-0381.0501007

Jamaludin, G. M., Supriatna, D., & Burhani, A. Z. (2020). the Effect of Online Learning System During the Covid-19 Pandemic on Students’ Learning Motivation and Interest in Learning. Jurnal Tatsqif, 18(2), 169–182. https://doi.org/10.20414/jtq.v18i2.2795

Kiklhorn, D., Wolny, M., Austerjost, M., & Michalik, A. (2020). Digital lifecycle records as an instrument for inter-company knowledge management. Procedia CIRP, 93. https://doi.org/10.1016/j.procir.2020.03.062

Kor, H., Aksoy, H., & Eerbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-Books) Used In Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141(1). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150.

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309

Lubis, & Hidayat. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon Melalui Pembelajaran Daring Pada Operasi Bilangan Tiga Angka Dikelas II SD. Education Achievment: Journal of Science and Research, 2(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.337

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Mazidah, Erna, M., & Anwar, L. (2020). Developing an Interactive Chemistry E-Module for Salt Hydrolysis Material to Face the Covid-19 Pandemic Developing an Interactive Chemistry E-Module for Salt Hydrolysis Material to Face the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012051

Meriana, T., Angelius Domes, A., Yanna, & Sihotang, H. (2021). The Impact of the Covid-19 Pandemic on Students Behaviour During Online Learning at Pelangi Kasih Elementary School in Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(4), 594–604. https://doi.org/10.14738/assrj.84.10112

Morrison, D., Lichtenwald, K., & Tang, R. (2020). Extending the online focus group method using web-based conferencing to explore older adults online learning. International Journal of Research and Method in Education. https://doi.org/10.1080/1743727X.2019.1594183

Mukuka, A., Shumba, O., & Mulenga, H. M. (2021). Students’ experiences with remote learning during the COVID-19 school closure: implications for mathematics education. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07523

Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019a). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019b). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Mutambara, D., & Bayaga, A. (2021). Determinants of mobile learning acceptance for STEM education in rural areas. Computers & Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104010

Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Social Sciences & Humanities Open Students ’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Noori, A. Q. (2021). The Impact of COVID-19 Pandemic on Students’ Learning in Higher Education in Afghanistan. Heliyon, 7(June), e08113. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08113

Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64

Pasani, C. F., & Amelia, R. (2021). Introduction of the integrative STEAM approach as a learning innovation in the COVID-19 pandemic in South Kalimantan. Journal of Physics: Conference Series, 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012029

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Pratiwi, M. S., Zulherman, Z., & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012115. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Ridha, Bambang, & Siska. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Saha, S. M., Pranty, S. A., Rana, M. J., Islam, M. J., & Hossain, M. E. (2022). Teaching during a pandemic: do university teachers prefer online teaching? Heliyon, 8(1), e08663. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08663

Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524

Sedana Suci, I. G., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Organizational Harmony in Hindu Higher Educatiob Institution based on Tri Hita Karana Culture. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 2(1), 49. https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v2i1.526

Setyaningsih, K. D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27. https://doi.org/10.30595/.v1i2.9012

Sukarma, I. W. (2016). Tri Hita Karana: Theoretical Basic of Moral Hindu. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(3), 84. https://doi.org/10.21744/ijllc.v2i3.230

Sukarno, & Widdah, M. El. (2020). The Effect of Students’ Metacognition and Digital Literacy in Virtual Lectures During The Covid-19 Pandemic on Achievement in The “Methods and Strategies on Physics Learning” Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25332

Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D. (2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 176. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7768

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tse, W. S., Choi, L. Y. A., & Tang, W. S. (2019). Effects of video-based flipped class instruction on subject reading motivation. British Journal of Educational Technology, 50(1), 385–398. https://doi.org/10.1111/bjet.12569

Udayana, A. A. G. B. (2017). Marginalisasi Ideologi Tri Hita Karana Pada Media Promosi Pariwisata Budaya Di Bali. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4

Vonti, L. H., & Rahmah, M. (2019). The use of Hybrid/Blended Learning in Understanding of English Structure Subject to Improve Students’ Achievement and Their Digital Literacy. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 03(02), 99–102. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i2.1467

Wahyuni, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153

Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166

Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020). Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Published

2023-05-31

How to Cite

Mudiardi, I. G. N., I Gusti Ngurah Japa, & I Nyoman Laba Jayanta. (2023). Video Pembelajaran Berlandaskan Tri Hita Karana pada Materi Ekosistem. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/49263

Issue

Section

Articles