Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Berbasis Tri Hita Karana Pada Materi Siklus Makhluk Hidup

Authors

  • I Gede Agus Suantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Instrumen penilaian, sikap spiritual, sikap sosial

Abstract

Kurangnya instrumen penilaian ini yang berdampak pada ada perkembangan anak yang tidak dapat diukur secara akurat. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial berbasis Tri Hita Karana pada materi siklus makhluk hidup kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model pengembangan yang dipakai pada penelitian ini yakni model RDR. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli dan 2 guru kelas IV. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 53 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang diguankan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil analisis data diperoleh koefisien validitas isi instrumen penilaian sikap sosial DAN instrument spiritual sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil penilaian oleh guru/praktisi sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil uji respon siswa seluruhnya valid. Hasil uji reliabilitas instrument memperoleh nilai sebesar 0.80 (sangat baik). Disimpulkan bahwa instrument penilaian sikap spiritual dan sikap social valid dan memiliki reliabilitas tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran

Author Biography

I Gede Agus Suantara, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdurrahman, M., & Masor, M. (2019). Development of Multimedia-based Nahwu Evaluation Instruments Using Wondershare Quiz Creator. Atlantis Press, 257(Icollite 2018), 176–179. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.38

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://doi.org/10.15294/jipk.v8i2.4443

Anjasari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659

Candiasa, I. M. (2011). Penyajian Instrumen Penilaian Disertasi Aplikasi Iteman dan Bigsteps. Undiksha Press.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Chaeruman, U. A., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2020). Development of an Instructional System Design Model as a Guidline for Lecturers in Creating a Course Using Blended Learning Approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(14), 164–181. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.14411

Darmansyah, D. (2014). Teknik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Al-Ta lim Journal, 21(1), 10–17. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.67

Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Adiarta, A. (2019). Development of Countenance Application Oriented on Combining ANEKA-Tri Hita Karana as A Mobile Web to Evaluate the Computer Knowledge and Morality. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(2). https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.10858

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Irwanto, Rohaeti, E., Lfx, E. W., & Suyanta. (2017). Development of an Integrated Assessment Instrument for Measuring Analytical Thinking and Science Process Skills. AIP Conference Proceedings, 1847(050005), 1–6. https://doi.org/10.1063/1.4983907

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471

Kuntoro, Bambang Tri, & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Nugraha, R., Purnamasari, I., & Baedowi, S. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar Di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah, 2(1), 94. https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925

Nugraha, Y. W. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA SMP (Studi Empirik di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul). Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, IV(2), 194–203. https://doi.org/10.30738/wd.v4i2.2278

Pan, G., Shankararaman, V., Koh, K., & Gan, S. (2021). Students’ evaluation of teaching in the project-based learning programme: An instrument and a development process. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100501

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697

Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101. https://doi.org/10.23960%2Fkomputasi.v8i2.2692

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The development of an instrument to measure the higher order thinking skill in physics. European Journal of Educational Research, 8(3). https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.743

Rattu, J. A. (2017). Penilaian Kompetensi Sikap Pada Mahasiswa Jurusan Ppkn Fis Unima. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 9. https://doi.org/10.36412/ce.v1i1.490

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352

Salame, I. I., & Nazir, S. (2019). The Impact of Supplemental Instruction on the Performance and Attitudes of General Chemistry Students. International Journal of Chemistry Education Research. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol3.iss2.art1

Sedana Suci, I. G., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Organizational Harmony in Hindu Higher Educatiob Institution based on Tri Hita Karana Culture. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 2(1), 49. https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v2i1.526

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.122

Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Ipa Berbasis Berpikir Kritis Pada Konsep Listrik Siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903

Sukarma, I. W. (2016). Tri Hita Karana: Theoretical Basic of Moral Hindu. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(3), 84. https://doi.org/10.21744/ijllc.v2i3.230

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Suratmi, S., Laihat, L., & Asnimar, A. (2020). Development Of Assessment Instruments Based On Higher Order Thinking Skills (HOTS) For Elementary School Students. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.7356

Syahrial, S., Asrial, A., Kurniawan, D. A., Nugroho, P., Septiasari, R., Pratama, R. A., & Perdana, R. (2019). Increased Behavior of Students’ Attitudes to Cultural Values Using the Inquiry Learning Model Assisted by Ethnoconstructivism. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 166–175. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9670

Tanti, T., Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Iqbal, M. (2021). Analysis of User Responses to the Application of Web-Based Assessment on Character Assessment. Journal of Education Technology, 5(3), 356. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.33590

Tanti, T., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Wiza, O. H. (2020). Comparison of Student Attitudes Toward Natural Sciences in Rural Middle Schools in Jambi Province. Ta’dib, 23(1), 63. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1607

Thoyyibah, N., Hartono, R., & Bharati, D. A. L. (2019). The Implementation of Character Education in the English Teaching Learning Using 2013 Curriculum. English Education Journal, 9(2), 254–266. https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.30058

Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of social studies learning model based on local wisdom in improving students’ knowledge and social attitude. International Journal of Instruction, 12(3), 375–388. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a

Unger, S., & Meiran, W. R. (2020). Student Attitudes towards Online Education during the COVID-19 Viral Outbreak of 2020: Distance Learning in a Time of Social Distance. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4). https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.107

Van De Heyde, V., & Siebrits, A. (2022). Digital laboratory report writing, assessment and feedback in the 21st century for an extended curriculum programme for physics. Research in Science and Technological Education, 40(1). https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1775571

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Published

2023-05-31

How to Cite

Suantara, I. G. A., Desak Putu Parmiti, & Ndara Tanggu Renda. (2023). Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Berbasis Tri Hita Karana Pada Materi Siklus Makhluk Hidup . Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/52272

Issue

Section

Articles