Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD

Authors

  • Kadek Ary Putri Andriani Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Group Investigation, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan Bahasa Indoesia

Abstract

Kompetensi pengetahuan bahasa Indonesia siswa masih dibawah KKM, karena pelajaran bahasa Indonesia di anggap sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen design dengan rancangan desain penelitian bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus 11 Mengwi sebanyak 130 siswa. Populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kemudian diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD No. 2 Sembung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 28 siswa, dan kelas V SD No.1 Sembung sebagai kelompok kontrol sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh  bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol = 83 lebih besar dari  = 74,555. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 3,588 lebih besar dari ttabel = 2,006 berdsarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 53, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji-t diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar.

References

Agung, A. A. G. (2013). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnita, & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501

Dantes. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Haryanto. (2012). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. http://lppmp.uny.ac.id/Sites/Lppmp.Uny.Ac.Id/Files/02

Kemendikbud. (2013). Pendekatan & Startegi pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ningsih, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243–256.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Predana Media Group.

Wiana. (2007). Cara Belajar Agama Hindu yang Baik. Denpasar: Yayasan.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2023-06-18

How to Cite

Andriani, K. A. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/63293

Issue

Section

Articles