https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/issue/feed Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana 2022-12-24T00:00:00+00:00 I Wayan Widiana Wayanwidiana85@undiksha.ac.id Open Journal Systems <hr style="border: 0.5px solid black;" /> <table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JITHK</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>J. I Tri Hita Karana</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/jithk</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong>Ni Nyoman Chintya Ari Putri</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr style="border: 0.5px solid black;" /> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27831 PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN AUDIOVISUAL BERORIENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA 2020-08-03T13:11:23+00:00 Luh Putu Sri Widnyani sriwidnyani387@gmail.com Desak Putu Parmiti dskpt_parmiti@yahoo.co.id Ni Wayan Eka Rippanawati ekarippana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja setelah penerapan model pembelajaran <em>Make a Match </em>berbantuan media audiovisual berorientasi <em>Lesson Study</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa III SD Negeri 4 Banyuasri, sebanyak 30 orang. Bentuk analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata hasil belajar PKn hanya mencapai 60 dengan (M%) sebesar 60% yang masih berada pada kategori rendah. Hasil penelitian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 77 dan (M%) sebesar 77,17% yang juga masih berada pada kategori sedang. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa semakin meningkat mencapai 86 dengan (M%) sebesar 86% yang sudah masuk pada kategori tinggi. Adapun peningkatan hasil belajar PKn dapat dilihat dari hasil perhitungan <em>gain score </em>adalah sebesar 0,60. Jadi model pembelajaran <em>Make a Macth </em>berbantuan media audiovisual berorientasi <em>Lesson Study </em>dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja.</p><p> </p> 2020-08-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27832 PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN ABC DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 4 KALIUNTU 2020-08-03T13:11:23+00:00 Dewi Murni Sari dewi.murnisari93@gmail.com I Made Suarjana suarjana_undiksha@yahoo.co.id <p>Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu.Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, guru menerapkan teknik permainan ABC yang merupakan salah satu jenis permainan tradisional. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,89 dan persentase ketuntasan klasikal 71%. Pada siklus II hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan menjadi 80,13 dengan persentase ketuntasan klasikal 82%. Target penelitian telah tercapai pada siklus dua yaitu nila rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan PAP masuk kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan ABC dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu Tahun 2018/ 2019.</p> 2020-08-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27834 PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR IPA SISWA 2020-08-03T13:11:24+00:00 Ni Pt Juni Antari junita.antari@gmail.com Nyoman Kusmariyatni nyomankusmariyatni@gmail.com Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 32 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk isian (<em>fill in test</em>). Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I adalah 71% berada pada kriteria sedang dan pada siklus II adalah 87.9% berada pada kriteria tinggi. Dengan demikian, persentase rata- rata hasil belajar IPA siswa secara klasikal meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Selanjutnya, banyaknya siswa yang memperoleh skor 85 pada siklus I adalah 53.1% (17 siswa) dari 32 siswa dan pada siklus II adalah 81.2% (26 siswa) dari 32 siswa memperoleh skor 85. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. 2020-08-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27836 PENERAPAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FANTASI PADA SISWA 2020-08-03T13:11:24+00:00 Sinta Nofia Sari misspanpan.ss@gmail.com1 Ni Made Rai Wisudariani rai.wisudariani@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan media film dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – 7 SMP Negeri 2 Singaraja yang terdiri dari 32 orang siswa. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada analisis siklus 1, kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 yaitu sebanyak 20 atau 62,5%, Sedangkan pada siklus II kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 28 orang atau mencapai 87,5%. Hasil analisis siklus I tentang presentase hasil belajar pengetahuan bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi mencapai 62,5 % berada pada kategori cukup. Sedangkan siklus II mencapai 87,5 % berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media film dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi kelas VII–7 di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019.</p> 2020-08-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27833 PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING 2020-08-03T13:11:25+00:00 K. Dwipayani Pratiwi dwipayanipratiwi@gmail.com I P. Wisna Ariawan wisnab36@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran <em>discovery learning</em>. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 62,59 menjadi 71,88. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 78,41. Ditinjau dari ketutasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 15 orang (46,9%) meningkat pada siklus I menjadi 19 orang (59,4%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 25 orang (78,1%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>discovery learning </em>dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. 2020-08-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia