IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM

Authors

  • I Kadek Nuprianta Putra
  • I Ketut Budaya Astra

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam melalui implementasi model pembelajaran NHT pada Siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini adalah PTK, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 32 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam secara klasikal pada observasi awal 6,2 (cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7,14( aktif), dan 7,92 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 84%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passingĀ  kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja.

References

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang .

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Permendikbud no 65. 2013. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undiksha. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir : Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Nuprianta Putra, I. K., & Budaya Astra, I. K. (2020). IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840

Issue

Section

Articles