Model Pembelajaran Artikulasi dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa

Authors

  • ketut jingga

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30186

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Blahbatuh dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Blahbatuh melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi dengan metode bimbingan individu dan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Blahbatuh yang berjumlah 39 orang, dalam mata pelajaran IPA. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) penerapan model pembelajaran Artikulasi dengan metode bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII F pada semester II SMP Negeri 2 Blahbatuh tahun pelajaran 2019/2020. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari awal pembelajaran, ke siklus I, hingga ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 62,82, siklus I meningkat menjadi 72,30 pada siklus II menjadi 82,69. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 28,20%, pada siklus I meningkat menjadi 68,97% dan pada siklus II menjadi 100%.

References

Agustini, Ni Luh Eni. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak TK. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Artikulasi Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. FMIPA Unnes.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Buchori, 2012. Artikel Hasil Penelitian. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Artikulasi Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Fakultas Pendidikan IPA Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.

Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rahman, B. 2009. Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Artikulasi dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. Skripsi. FPMIPA UPI. Bandung.

Downloads

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles