Hubungan Efikasi Diri dan Disiplin Guru dengan Kinerja Guru

Authors

  • Putu Ayu Ari Pratikayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185

Keywords:

Efikasi Diri, Disiplin Guru, Kinerja Guru

Abstract

Rendahnya efikasi diri dan disiplin guru dapat memengaruhi kurang optimalnya kinerja guru. Kinerja guru sangat berperan penting untuk mencapai tujuan sekolah dan kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kinerja guru, hubungan yang signifikan antara disiplin guru dan kinerja guru, serta hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan disiplin guru dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Metode pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner tertutup dengan mengisi kuesioner efikasi diri, disiplin guru, dan kinerja guru. Data penelitian diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi product moment untuk hipotesis I, II dan menggunakan uji korelasi ganda untuk hipotesis III. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment untuk hipotesis I, II  dan mengguanakan uji korelasi ganda untuk hipotesis III dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rhitung = 0,771 > rtabel = 0,334, terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin guru dan kinerja guru dengan koefisien korelasi rhitung = 0,858 > rtabel = 0,334, dan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan disiplin guru dengan kinerja guru dengan ditentukan dari nilai Fhitung = 48,43  > Ftabel = 3,29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan disiplin guru terdapat hubungan signifikan sehingga membantu memberikan dampak positif terhadap kinerja guru.  

Author Biographies

Putu Ayu Ari Pratikayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

DB Kt. Ngr. Semara Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Afrina, D. (2019). Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Efikasi Diri dengan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/9672 DOI: https://doi.org/10.33369/mapen.v13i2.9672

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326. DOI: https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326

Armani, A. R., & Margunani. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 70–82. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13474.

Astuti, A. D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Penddikan, 5(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931

Bungawati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja , dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makasar. Jurnal Competitiveness, 10(c), 1–15.

Herawaty, D. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah , Keyakinan Diri (Self Efficacy), Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 71–85. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.71-85

Hutagalung, A. I. Y., & Suratman, B. (2019). Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 33–50. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1764. DOI: https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1764

Irwan, I. (2016). Kontribusi Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI). VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro UNTIRTA, 3. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/2879.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Koyan, I. W. (2012). Statistika Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, L., & Mayasarokh, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala RA dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan. Jurnal Golden Age, 4(02), 251–261. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2620. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2620

Nugraheni, A. S., & Rahmayanti, R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November), 277–294. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1219.

Nurhikmah, H., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kreatifitas Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.289. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.289

Oktaviani, N. K. W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 294. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan antara Efikasi Diri dengan pKecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04. DOI: https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854

Purwoko, sidik. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Akintabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149–162. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8467. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Putri, R., & Priambodo, A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Penetapan Tujuan dan Kepuasan Kerja pada Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03, 220–226. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/viewFile/13516/12412.

Ramadoni, W., Kusmintardjo, K., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus di PAUD Islam Sabilillah Dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.

Rosidi, I., & Santosa, A. B. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Efikasi Gur terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasional. Journal of Management, 15, 50–62. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/view/7812/2783.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Indonesia Journal Of Educational Management, 2(3), 244–255. https://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/view/41. DOI: https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41

Samrin, S. (2014). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MAS Al-Irsyad Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. AL-IZZAH: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.162.

Sjamsuri, A., & Muliyani, N. (2019). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru di SMA PGRI 3 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i1.3094.

Sukardi. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. PT Bumi Aksara.

Syaleh, H. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Sijunjung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 150–164. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/1192. DOI: https://doi.org/10.31849/jieb.v15i2.1192

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Imiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/554. DOI: https://doi.org/10.32493/frkm.v4i2.10035

Utami, S. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3). https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Biaya Pendidikan terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Dampaknya dengan Kompetensi Lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Pratikayanti, P. A. A., & Putra, D. K. N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dan Disiplin Guru dengan Kinerja Guru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185

Issue

Section

Articles