Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Kelas VI pada Tema Persatuan dalam Perbedaan

Authors

  • Ni Kadek Ledi Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35079

Keywords:

Instrumen, Sikap Spiritual, Sikap Sosial

Abstract

Kurang maksimalnya penilaian pada ranah afektif disebabkan oleh tidak adanya pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur aspek-aspek penilaian. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada tema Persatuan dalam Perbedaan yang valid dan reliabel. Penelitian ini berjenis pengembangan dengan menggunakan model pengembangan RDR. Metode pengumpulan data berupa lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli dan dua praktisi kelas VI. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli dan 2 orang praktisi kelas VI. Metode analisis data menggunakan uji gregory untuk mencari validitas dan uji percentage of agreement untuk mencari reliabilitas. Validitas isi instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil 1,00 berkriteria validitas sangat tinggi. Reliabilitas pada instrumen sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil 1,00 berkriteria reliabel. Dapat disimpulkan bahwa instrumen layak untuk digunakan menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada tema Persatuan dalam Perbedaan.

Author Biographies

Ni Kadek Ledi Anggreni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 461–469. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457

Budiani, S., Sudarmin, & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453 DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan instrumen sikap sosial tematik siswa SD kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310

Dwi, Y., Septyarini, A., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Validity a nd Reliability : Early Childhood ’ s Locomotor Capability Assessment Instruments. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 540(Ictes 2020), 400–404. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran,Pengajaran, Dan Penilaian. Jurnal Pendidkan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Ida Ayu Dewi Virani, Putu Nanci Riastini, dan M. S. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682 DOI: https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7 DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823 DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823

Muslimah, I., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial pada Outdoor Learning di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 4(1), 158–167.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185 DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184 DOI: https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rachmawati, R. (2020). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73

Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11405

Saidah, K. (2018). Analisis Bentuk-Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 80. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244 DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244

Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Suryani, I. (2017). Desain Model Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berdasarkan Analisis Kemampuan Menulis Naskah Drama Mahasiswa Fkip Unja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 82–94. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.105

Ulfa, I. R. (2019). Implementasi Instrumen Penilaian Sikap di SDN Gunungsaren Bantul. Palapa, 7(2), 251–266. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Anggreni, N. K. L., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2021). Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Kelas VI pada Tema Persatuan dalam Perbedaan. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35079

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)