https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/issue/feed Mimbar Pendidikan Indonesia 2024-04-22T09:13:53+00:00 Ni Wayan Eka Widiastini info.ejournal@undiksha.ac.id Open Journal Systems <hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Mimbar Pendidikan Indonesia </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>MPI</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>Mimbar Pendidikan ina.</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix 10.23887/mpi</strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong>-</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1596453320" target="_blank" rel="noopener">2745-8601</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong>Ni Wayan Eka Widiastini</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://www.undiksha.ac.id"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>LPPM - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI)</strong> dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan September.</p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44973 Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia 2024-04-22T09:13:31+00:00 Agus Diky Wira Diana Putrai dickyywrpt@gmail.com Ni Nyoman Ganing ganingnnym@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasional. Populasi dari Penelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabananyang berjumlah 130 orang siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi adalah 97 orang siswa. Metode pungumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data motivasi berprestasi dan minat baca diperoleh dari menyebarkan kuisioner dan data hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkann nilai Fhiting = 4,26 &gt; Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 12,1%. Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan nilai Fhitung = 5,82 &gt; Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 6,7%. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan Fhitung = 9,04 &gt; Ftabel = 3,09 dan pengaruhnya sebesar 16,1%. Adapun saran bagi guru untuk lebih meningkatkan motivasi berprestasi dan minat baca siswa agar mendapatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih maksimal.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44988 Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD 2024-04-22T09:12:58+00:00 Kadek Budi Apsari Dewi apsaridewi@gmail.com Ni Nyoman Ganing ninyoman.ganing@undiksha.ac.id Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model <em>Think Pair Share</em> berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V SD di Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud yang berjumlah 150 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan <em>Non-Equivalent Control Group Design. </em>Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>random sampling.</em> Rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu sebesar 73,57 dan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 64,05. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis dilengkapi rubrik penilaian. Data yang dikummpulkan dianalisis dengan uji-t <em>poleed variance</em>. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t <sub>hitung </sub>sama dengan 4,435 lebih dari t<sub>tabel </sub>sama dengan 2,000, maka H<sub>0</sub> ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model <em>Think Pair Share</em> berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44965 Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa 2024-04-22T09:13:46+00:00 Dewi Kresnawati dewiykresnawatiy@gmail.com I Gst. Ngurah Japa igustingurah.japa@undiksha.ac.id I Gd Wawan Sudatha igdewawans@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas V. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas V SD yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (5,90) lebih dari ttabel (2,00172) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 19,5 dan rata-rata kelompok kontrol 15,55 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Simpulan penelitian bahwa strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44987 Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SD 2024-04-22T09:13:01+00:00 Fadjri Yuliana liana.yuliana1998@gmail.com Ida Bagus Gede Surya Abadi idabagusgedesurya.abadi@undiksha.ac.id I Wayan Sujana iwayan.sujana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran <em>Course Review Horay </em>terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD. <em>Quasi Eksperimen</em> merupakan jenis dari penelitian ini serta dipilih<em> Nonequivalent Control Group Design </em>sebagai desainpenelitiandengan<em> pretest </em>hanya digunakan dalam rangka mengetahui kesetaraan kelompok.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD yakni sebanyak 13 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 468 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran <em>Course Review Horay </em>dan kelas V SD berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Rerata motivasi belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu sama dengan 80,5 dan kelompok kontrol sama dengan 64,75. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus <em>separated varians.</em> Hasil anlisis data diperoleh (t<sub>hitung </sub>sama dengan 4,947 lebih dari t<sub>tabel</sub> sama dengan 2,042) pada taraf signifikasi 5%, maka, H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran <em>Course Review Horay </em>dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Course Review Horay </em>berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44986 Model Pembelajaran Means- Ends Analysis Menggunakan Media Scrapbook Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V SD 2024-04-22T09:13:04+00:00 Firda Amelia Angelina Putri firdaamelia02@gmail.com Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>Means- Ends Analysis</em> menggunakan media <em>scrapbook</em> terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan <em>non- equivalent post-test only control group design. </em>Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas V SD dengan jumlah 426 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik <em>random sampling</em> dengan <em>classter random sampling.</em> Diperoleh dua sampel penelitian, yakni kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas V A SD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan tes yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan IPA yang selanjutnya dianilisis dengan rumus <em>t-test pooled variance. </em>Hasil analisis diperoleh t<sub>hitung</sub> sama dengan 6.41 dan t<sub>tabel </sub>pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 71 sama dengan 2.00. Berdasarkan data tersebut, maka t<sub>hitung</sub> lebih dari t<sub>tabel </sub>(6.41 lebih dari 2.00), sehingga H<sub>o</sub> ditolak. Rata- rata kompetensi pengetahuan IPA kelas eksperimen yaitu 80.03, sedangkan rata- rata kompetensi pengetahuan IPA kelas kontrol yaitu 67.00. Dapat disimpulkan model pembelajaran <em>Means- Ends Analysis</em> menggunakan media <em>scrapbook </em>berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Implikasi penelitian ini dapat menjadi kajian yang luas dan memperdalam mengenai model pembelajaran <em>Means- Ends Analysis</em> menggunakan media <em>scrapbook.</em></p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44974 Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS 2024-04-22T09:13:29+00:00 Gusti Ayu Kade Winda Pramitha windapramitha14@gmail.com I Wayan Sujana iwayan.sujana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan media <em>Mind Mapping </em>terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu serta menggunakan rancangan penelitian yaitu <em>Nonequivalent Control Group Design. </em>Populasi yang digunakan merupakan seluruh siswa kelas V SD yang memiliki jumlah 242 siswa. Penentuan sampel yaitu dengan teknik <em>cluster random</em><em> sampling. </em>Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V memiliki jumlah 39 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan media <em>Mind Mapping </em>serta siswa kelas V SDN dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Hasil diperoleh nilai rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan media <em>Mind Mapping </em>yaitu 0,460 sedangkan pada kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 0,273. Dari analisis data diperoleh hasilnya yaitu t<sub>hitung </sub> sama dengan 5,757 lebih dari t<sub>tabel </sub>sama dengan 1,980 dengan taraf signifikansi 5% serta dk =75. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan bahwa terdapat pengaruh model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan media <em>Mind Mapping </em>terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44976 Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V 2024-04-22T09:13:21+00:00 I Gede Darma Susila Susila@gmail.com I Wayan Wiarta wayanwiarta11@gmail.com Gusti Ngurah Sastra Agustika gn.sastra.a.2@undiksha.ac.id <p>Hasil belajar matematika masih belum semuanya mencapai KKM karena pemahaman tentang matematika belum dijelaskan dengan mudah. Sehingga perlu memaksimalkan penggunaan model dan media yang disenangi dan mudah dipahami dalam penerapan konsep-konsep pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar kelas V SD. Jenis penelitian yakni eksperimen semu dengan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik <em>cluster</em> <em>random sampling</em>. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas V SD sebagai kelompok eksperimen serta kelas V SD sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t<sub>hitung</sub> sama dengan 38,92742 dan t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikansi 5% sama dengan 1,99547, sehingga t<sub>hitung</sub> lebih dari t<sub>tabel</sub>, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Simpulan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44972 Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN 2024-04-22T09:13:34+00:00 I Gusti Ngurah Ketut Puja Sudiana pujasudiana@gmail.com I Komang Ngurah Wiyasa ngrh.wiyasa@undiksha.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran <em>value clarification technique</em> berbasis nilai-nilai Pancasila terhadap kompetensi pengetahuan PKN siswa kelas IV SD. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang berdesain <em>nonequivalent control group.</em> Pada populasi penelitian yang dilakukan meliputi seluruh siswa dikelas IV SD dengan total 130 siswa. Penelitian ini menentukan sampel dengan menggunakan teknik <em>claster</em> <em>random sampling</em><em>,</em> sehingga memperoleh dua kelas yaitu kelas IV kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dari kompetensi pengetahuan PKn dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Hasil perhitungan data <em>gain</em> skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan PKn menunjukkan Rata-rata kompetensi pengetahuan PKn kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan PKn kelompok kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t <em>polled varians</em> diperoleh harga t<sub>hitung</sub> sama dengan 2,646 lebih dari harga t<sub>tabel</sub> sama dengan 1,998. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran <em>value clarification technique</em> berbasis nilai-nilai Pancasila dan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas IV. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>value clarification technique</em> berbasis nilai-nilai Pancasila berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44991 Model Discovery Learning Berbantuan Peta Pikiran Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V 2024-04-22T09:12:52+00:00 I Kadek Yoga Sanjaya yogasanjaya12ch@gmail.com Made Sumantri made.sumantri@undsiksha.ac.id Ndara Tanggu Renda ndaratanggu.renda@undiksha.ac.id <p>Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V disebabkan oleh pembelajaran yang masih cenderung bersifat konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model <em>Discovery Learning </em>berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model <em>Discovery Learning</em> berbantuan Peta Pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah quasi eskperimen dengan menggunakan rancangan <em>non-equuivalent post test only control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 183 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model <em>Discovery Learning</em> berbantuan peta pikiran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (t<sub>hitung</sub> sama dengan 4,34 lebih dari t<sub>tabel</sub> sama dengan 1,67). Simpulan bahwa terdapat pengaruh model <em>Discovery Learning</em> berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah dengan penerapan model <em>Discovery Learning </em>berbantuan Peta Pikiran, siswa menjadi lebih aktif dan dapat membangun pengetahuannya secara mandiri.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44981 Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Buku Cerita Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Sekolah Dasar 2024-04-22T09:13:14+00:00 Ida Ayu Gede Pradnya Suari dayupradnyasuari@yahoo.co.id M.G Rini Kristiantari mariagoretirini.Kristiantari@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek kelas IV SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SD dengan jumlah 368 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang digunakan untuk memperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan menggunakan instrumen tes keterampilan menulis cerita pendek yang dilengkapi rubrik penilaian. Metode analisis data yaitu metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata keterampilan menulis cerita pendek kelompok eksperimen yaitu 80 dan kelompok kontrol yaitu 70. Data yang diperoleh dianalisis uji-t dengan rumus polland varians. Hasil analisis data diperoleh thitung lebih dari ttabel (4,456 lebih dari 1,990) dengan alpha 5% dan (dk sama dengan 46 + 36 – 2 = 80) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek Kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44971 Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA 2024-04-22T09:13:36+00:00 Kadek Ayu Ratih Satya Dewi ratihsetyadewi98@gmail.com I Komang Ngurah Wiyasa ngrh.wiyasa@undiksha.ac.id I Gusti Agung Oka Negara igustiagungoka.negara@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan <em>Non Equivalent Control Group Design.</em> Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 10 kelas dengan 368 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik <em>cluster</em> <em>random sampling. </em>Sampel yang terpilih yaitu kelas IV SD sebagai kelas eksperimen sebanyak 46 orang menerapkan model PBL berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata gain skor ternormalisasi siswa yang mengikuti model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>berbantuan media lingkungan yaitu 0,525 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 0,236. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis <em>polled varians.</em> Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (df sama dengan 82 dengan t<sub>hitung</sub> sama dengan 11,049 dan harga t<sub>tabel</sub> sama dengan 1,989) diperoleh keputusan bahwa H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44990 Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa SD 2024-04-22T09:12:55+00:00 Ni Ketut Sila Warningsih Giri silawarningsih@gmail.com Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id I Wayan Wiarta iwayan.wiarta@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa SD. Penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pencatatan dokumen. Berdasarkan beberapa artikel penelitian sejenis yang terkumpul melalui studi kepustakaan dengan teknik pencatatan dokumen, diperoleh delapan penelitian yang memenuhi kriteria dan merupakan penelitian eksperimen yang mengangkat tentang model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran matematika. Terdapat dua teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis delapan penelitian diperoleh secara keseluruhan rata-rata effect size model pembelajaran probing prompting adalah sebesar 0,67. Angka effect size tersebut berada pada kategori sedang. Meskipun besaran pengaruh effect size secara keseluruhan berada pada kategori sedang, model pembelajaran probing prompting tetap memenuhi kualifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Temuan beberapa penelitian membangun dan menguatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44982 Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA 2024-04-22T09:13:11+00:00 Ni Komang Yulia Dewii komangyulia02@gmail.com I Gusti Agung Oka Negara igustiagungoka.negara@undiksha.ac.id Ni Wayan Suniasih niwayan.suniasih@undiksha.ac.id <p>Kurang aktif dan cepat bosan saat pembelajaran serta siswa cenderung menghafal dan sulit memahami konsep pembelajaran yang terkait dengan muatan materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model <em>Problem Based Instruction</em> berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan <em>Non Equivalent Control Group Design.</em> Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD yang berjumlah 181 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>classter</em> <em>random sampling.</em> Metode pengumpulan data dengan metode tes. Instrumen penelitian dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis dengan analisis kuantitatif. Rata-rata <em>gain </em>skor ternormalisasi kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,649 dan rata-rata <em>gain</em> <em>skor</em> ternormalisasi kelompok kontrol sebesar 0.186. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t <em>polled variance</em>. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t <sub>hitung </sub>sama dengan 17,204 lebih dari t<sub>tabel </sub>sama dengan 2,000, maka H<sub>0</sub> ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model <em>Problem Based Instruction </em>berbantuan media audio visual terahadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44968 Model Problem Based Learning Berbantuan Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD 2024-04-22T09:13:43+00:00 Ni Made Srinadhi srinadhi03@gmail.com I Gst. Ag. Oka Negara igustiagungoka.negara@undiksha.ac.id <p>Rendahnya tingkat pemecahan masalah pada siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi dalam pemanfaatan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan Penilaian Proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD sebanyak 8 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas V SD sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan metode tes berupa tes objektif. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t <em>polled varians</em>. Nilai Rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 81,122 dan kelompok kontrol yaitu 74,750. Berdasarkan analisis menggunakan uji t diperoleh t<sub>hitung </sub>sama dengan 3,426 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dk sama dengan 75 diperoleh nilai t<sub>tabel </sub>sama dengan 1,992. Oleh karena t<sub>hitung </sub> sama dengan 3,426 lebih dari t<sub>tabel</sub> sama dengan 1,992 maka H<sub>0</sub> ditolak H<sub>a </sub>diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan penilaian proyek dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD. Simpulan terdapat pengaruh yang signifikan model <em>problem based learning</em> berbantuan penilaian proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/35437 Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V 2024-04-22T09:13:49+00:00 Ni Putu Ayu Jusita Pratia Sucita ayujusita1@gmail.com Ignatius I Wayan Suwatra wayansuwatra@yahoo.com I Made Tegeh im-tegeh@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian merupakan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 45 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pencatatan dokumen, dan koesioner/angket. Instrument yang digunakan adalah laporan pencatatan dokumen dan angket tanggapan serta angket validasi kelayakan media yang diberikan kepada 5 validator yang terdiri dari 1 guru mata pelajaran, 2 validator ahli dan 9 orang siswa. Teknik analisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dikatakan valid dengan. Hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 100%. Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran baik dengan persentase 85,71%. Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 92,72%. Hasil uji coba perorangan menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,41%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,83%. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran Usaha Pelestarian Lingkungan layak untuk digunakan bagi guru dan peserta didik SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44970 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Game Tournamnt Berbantuan Puzzle Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA 2024-04-22T09:13:40+00:00 Ni Putu Dwi Yanti Pratiwi pratiwiyanti99@gmail.com D. B. KT. Nurah Semara Putra semara.putra@undiksha.ac.id I. G. A. Agung Sri Asri igaagungsri@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran <em>times game tournament </em>berbantuan media <em>puzzle </em>terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan penelitian <em>“Nonequivalent Control Group Design”. </em>Populasi penelitian meliputi seluruh kelas IV SD N yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 5 kelas, dengan jumlah populasi 199 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu 31 siswa kelas IV yang menjadi kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IV SD yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik <em>random sampling</em>. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t<sub>hitung</sub> sama dengan 5,627 lebih dari t<sub>tabel</sub> sama dengan 2,000, maka H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>times game tournament </em>berbantuan media <em>puzzle </em>terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44975 Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa 2024-04-22T09:13:24+00:00 Putu Nadi Astuti nadiastuti11@gmail.com Made Putra putra.made3112@gmail.com I. B. Gede Surya Abadi idabagusgedesurya.abadi@undiksha.ac.id <p>Penggunaan inovasi-inovasi model pembelajaran belum diterapkan secara optimal, hal ini akan berdapak pada kegiatan pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa kurang aktif dikelas, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>gallery walk</em> berbantuan <em>flash card</em> terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini menggunakan desain <em>quasi eksperiment, </em>menggunakan rancangan<em> nonquivalent pretest posttest control group design.</em> Populasi penelitian ini kelas V yang berjumlah 269 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>cluster</em> <em>random sampling </em>didapatkan ialah, satu SD untuk kelas eksperimen dan satu SD untuk kelas kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda. Setelah keseluruhan data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasilnya menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran <em>gallery walk</em> berbantuan <em>flash card</em> dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan diperoleh t<sub>hitung </sub>lebih dari t<sub>tabel</sub> = 5,98518 lebih dari 2,00 (dk sama dengan 39+38-2 sama dengan 75 dengan taraf signifikansi 5%), serta nilai rata-rata <em>posttest</em> kelompok eksperimen 32,5385 &gt; 30,6842 dari nilai rata-rata kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran <em>gallery walk</em> berbantuan <em>flash card</em> terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa Kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44985 Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD 2024-04-22T09:13:07+00:00 Retno Wulandari retno.wulandari@undiksha.ac.id I Wayan Wiarta iwayan.wiarta@undiksha.ac.id <p>Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis model pembelajaran <em>Creative Problem Solving</em> terhadap <em>Self Confidence</em> dalam Pembelajaran Matematika kelas V SD. Eksperimen semu (<em>quasi eksperimen</em><em>t</em>) merupakan jenis penelitian ini, dan memakai rancangan <em>Non Equivalen</em><em>t</em><em> Control Group Design.</em> Semua kelas V SD adalah populasi yang ditetapkan. Sampel pada penelitian ini didapatkan dari teknik <em>cluster random sampling</em> yakni kelas V sebanyak 38 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas V SD sebanyak 35 siswa menjadi kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan melalui metode non tes yaitu angket (kuesioner) dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus <em>polled varians</em>. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan <em>self confidence </em>dalam pembelajaran matematika antara kelompok yang kegiatan belajarnya menggunakan model pembelajaran <em>Creative Problem Solving </em>dengan kelompok yang mengikuti kegiatan belajar melalui pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan uji-t yang menghasilkan t<sub>hit</sub> sama dengan 2,5754 lebih dari t<sub>tab</sub> sama dengan 1,9939 dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 83,15 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 79,28. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya model pembelajaran <em>Creative Problem Solving</em> memiliki pengaruh terhadap <em>self confidence </em>dalam pembelajaran matematika kelas V SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/24349 Eksplorasi Budaya Bali Dalam Pengembangan Bahan Ajar Ipa Ramah Tuna Rungu Wicara di Sekolah Inklusi 2024-04-22T09:13:53+00:00 Putu Gede Parma gede.parma@undiksha.ac.id Desak Komang Ira Pratiwi ira2000@yahoo.co.id Gede Wira Bayu wira.bayu@undiksha.ac.id <p>Belum adanya bahan ajar khususnya dalam pembelajaran IPA yang ramah tuna rungu wicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi budaya Bali dalam pengembangan bahan ajar IPA ramah tuna rungu wicara di sekolah inklusi. Jenis penelitian dengan menggunakan metode penelitian pengembangan. Eksplorasi dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan lembar penilaian bahan ajar. Subjek penelitian dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli budaya, dan ahli evaluasi dan pendidikan. Teknik analisis data dengan analisis <em>Content Validity Ratio</em> (CVR). Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa bahan ajar Materi IPA yang dilengkapi dengan RPP dan LKPD dengan pengembangan berwawasan budaya Bali. Produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPA, ahli desain pembelajaran, ahli budaya Bali, serta ahli evaluasi dan pendidikan, diperoleh hasil dengan nilai CVR dan CVI yaitu 1,00 yang dapat dikategorikan “valid” dan layak untuk diujicoba. Produk ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas IV. Simpulan penelitian ini, yaitu produk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tuna Rungu Wicara di sekolah inklusi.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44977 Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV 2024-04-22T09:13:17+00:00 Trisna Nanda Putri trisnananda14@gmail.com Ni Wayan Arini wayanarini@yahoo.co.id Luh Putu Putrini Mahadewi lppmahadewi@undiksha.ac.id <p>Saat proses pembelajaran, siswa jarang melakukan diskusi kelompok yang menyebabkan kurangnya interaksi dan peran siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>team games tournament </em>bermediakan <em>question card </em>terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasy eksperiment</em>), dengan desain penelitian <em>nonequivalent post-test only control group design</em>. Populasi penelitian ini berjumlah 96 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 22 orang kelompok eksperimen dan 26 orang kelompok kontrol. Sampel ditentukan menggunakan teknik<em> random sampling</em>. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrument tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t<sub>hitung</sub> sama dengan 2,62 dan t<sub>tabel</sub> sama dengan 2,000 untuk db sama dengan 46 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel </sub>maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan siswa yang mengikuti model pembelajaran <em>team games tournament </em>bermediakan <em>question card </em>terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di. Rata-rata (<em>mean</em>) kelompok eksperimen yaitu 16,05 lebih besar dari rata-rata (<em>mean</em>) kelompok kontrol yaitu 13,04. Simpulan penelitian bahwa model pembelajaran <em>team games tournament</em> bermediakan <em>question card</em> berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia