Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa

Authors

  • Komang Henny Bayuni SD Negeri 6 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30952

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VI Semester I SD Negeri 6 Gianyar tahun 2019-2020. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah alur siklus PTK. Pada model ini tahapan penelitian dibagi menjadi empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 6 Gianyar tahun 2019-2020 dengan mengambil jumlah sampel 30 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes yaitu berupa tes evaluasi sedangkan non tes yakni observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus hasil belajar menunjukkan ketuntasan dalam proses pembelajaran ada 16 orang atau 53,33% dengan nilai rata-rata 69,03. Pada siklus I setelah diterapkan perbaikan pembelajaraan pada pra sikus , Siswa yang tuntas menjadi 22 orang atau 73,33% dengan nilai rata-rata 75,97 Sedangkan target ketuntasan klasikal yang diharapkan ≥80% . Kemudian dilanjutkan pelaksanaan tindakan siklus II Siswa yang tuntas meningkat menjadi 28 orang atau 93,33 % dengan rata-rata nilai hasil belajar 80,70. Oleh karena itu hasil penelitian ini menerima dan membuktikan kebenaran hipotesis yang menyatakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Gianyar tahun pelajaran 2019-2020

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, H. M. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Yogyakarta: Multi Press.

BSNP. 2006. Standar Isi dan SKL Untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Cipta Jaya.

Daitin, Tarigan. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, Hafsah Puspita, dkk. 2018. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 1 Nomor 5.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2005. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hasan, H. & Zainul, A. 1991. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kartadinata, S. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV Maulana.

Kasbolah, K. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Miles, M. B. dan Huberman A. M. 2007. Analisis Data kualitati Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rasyid, Harun, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Subarinah Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas. Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugono, D. dkk. 2010. Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumanto, Y. D. 2008. Gemar Matematika 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Supinah dan Agus DW. 2009. “Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Modul Matematika SD Program Bermutu. Hlm. 76-81.

Tihuri, Pandi Putra, dkk. 2018. Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Azharyah Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Volume 6 Nomor 1.

Tim Penyusun KTSP. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kebumen: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Bayuni, K. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30952

Issue

Section

Articles