PENGARUH KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL MODEL AARON BECK DENGAN STRATEGI MANAJEMEN DIRI TERHADAP SELF AUTONOMY DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN SISWA MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • Ni Made Diah Padmi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11974

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) adanya perbedaan pengaruh konseling kognitif behavioral model Arron Beck dengan strategi managemen diri dan konseling konvensional terhadap self autonomy, (2) adanya perbedaan self autonomy ditinjau dari urutan kelahiran anak, (3) adanya pengaruh interaksi antara model konseling dengan urutan kelahiran anak terhadap self autonomy. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain two factorial design, Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Teknik pemilihan sampel yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, buku harian, kuesioner dan pencatatan dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh konseling kognitif behavioral model Aaron Beck dengan strategi managemen diri dan konseling konvensional terhadap self autonomy, (2) terdapat perbedaan yang signifikan self autonomy ditinjau dari urutan kelahiran anak (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model konseling dengan urutan kelahiran anak terhadap self autonomy

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Padmi, N. M. D. (2017). PENGARUH KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL MODEL AARON BECK DENGAN STRATEGI MANAJEMEN DIRI TERHADAP SELF AUTONOMY DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN SISWA MELALUI LESSON STUDY. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11974

Issue

Section

Articles