Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Pasta

Authors

  • Luh Sari SMK N 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17111

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XIA5 di  SMK N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi  pelajaran menganalisis, mengolah dan menyajikan hidangan pasta dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization  (TAI). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A5 di SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang ( 18  ) orang siswa perempuan dan ( 21 ) orang siswa laki-laki ). Sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TAI. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes esay. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: model pembelajaran TAI, aktivitas belajar, hasil belajar siswa

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha..

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dasripin, Ipin. 2008. Penggunaan Model Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran. Menulis Narasi di Kelas VII SMPNegeri 1 Cigalontang Kab. Bandung. Tesis. Magister pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka. Indonesia.

E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

M, R. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viiasmp Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan) , 112.

Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2.

Puspitasari, Luki. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) DALAM Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 2.

Ramlan, M. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), VOL. 1 NO. 1.

Sharan, S. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.

Tarim, K., & Akdeniz, F. (2007). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 4, Tahun 2018, pp. 412-419 419

Rizky, Ratna Wijayanti.2015 “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods). Edu Stud Math .

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. IISTE .

Ujiati, Cahyaningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Sari, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Pasta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17111

Issue

Section

Articles