Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Luh Gd Ari Diantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini diambil setelah dilakukan uji kesetaraan populasi dan didapatkan sampel yaitu, siswa kelas V SD N 7 Melaya yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 6 Melaya yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data hasil belajar matematika menggunakan tes pilihan ganda. Data yang didapatkan kemudian dianalisis  menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji-t dengan bantuan program SPSS-22.0 for windows. Dari hasil uji-t yang dilakukan didapatkan nilai ttabel sebesar 2,042 dan thitung sebesar 7,188 serta didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000, dikarenakan nilai thitung > ttabel, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik berbantuan LKS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Melaya tahun ajaran 2017/2018.

 

                     Kata Kunci: Missouri Mathematics Project Realistik, LKS, hasil belajar Matematika

References

Astiti, I.A.Gd. 2014. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar”. Jurnal Administrasi Pendidikan. 5(1). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=258948&val=7029&title= (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Fatimah, S., Kurniasih, N. & Nugraheni, P. 2014. “Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Siswa Kelas VIII”. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Puworejo. 12(2). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=272354&val=612&title (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Febrianti, I., Caswita, & Yunarti, T. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathhematics Project Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(10). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=288426&val=7232&title (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Jannah, Miftakhul. 2013. “Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa pada Materi Fungsi”. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret (diakses pada tanggal 21 Desember 2017).

Lestariningsih. 2015. “Invetigating The Act of Design in Discharge Concept Using PMRI”. IndoMS-JME. 6(2). Tersedia pada https://eric.ed.gov/?q=pendekatan+matematika+realistik+indonesia&ff1=pubJournal+Articles&id=EJ1079525 (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Mahardhika, T. I Wyn., Suarjana, I M., & Japa, I Gst. N. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Resik Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus V Kecamatan Gianyar. Mimbar PGSD”. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105740&val=1342&title (diakses pada 23 Januari 2018).

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Safitri, E., Wahyudi, & Warsiti. 2013. “Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Siswa Kelas IV SD”. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3(2). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108513&val=4073&title (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Edi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemammpuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terawas”. STKIP PGRI Lubuklinggau. Tersedia pada http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel%20Edi%20Su prapto %20(4013005).pdf (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Wulandari, M. N. L. E., Kusmariyatni, N., & Suarjana, M. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Mimbar PGSD. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105758&val=1342&title (diakses pada tanggal 23 Januari 2018).

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Ari Diantari, N. L. G., Gading, I. K., & Ngurah Japa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 127–136. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18069

Issue

Section

Articles