Efektifitas Multimedia Interaktif

Authors

  • Weri Diana Putri Universitas Negeri Padang
  • Kasman Rukun Universitas Negeri Padang
  • Nurhasansyah . Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21843

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran yang masih bersifat konvensional, media pendukung pembelajaran yang jumlahnya tidak sesuai dengan kebutuhan, minat belajar siswa yang rendah dan jumlah siswa yang memiliki nilai rendah. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pendukung pembelajaran dalam bentuk aplikasi multimedia interaktif untuk pembelajaran Desain Grafis Dasar. Fokus penelitian adalah mengembangkan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji efektifitas multimedia interaktif diperoleh dari perbandingan nilai-nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan multimedia interaktif dalam kategori efektif. Kesimpulannya, multimedia interaktif yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Painan

 

Kata kunci: Efektivitas, Interaktif, Multimedia

References

Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Istiqlal, M. 2010. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Tesis yang dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rangga, Sanjaya. 2016. Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning. Tesis yang dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Robert Maribe Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach.

Syaiful, Sagala. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Pembelajaran dan Jenis-Jenisnya. Jakarta: Rineka Cipta

Vaughan. 1994. Pentingnya Media Interaktif. Bandung: Alfabeta.

Viandika, Ditama. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Tesis yang dipublikasikan. Bandung: UPI.

Yamin, Monawatidan M . 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Putri, W. D., Rukun, K., & ., N. (2019). Efektifitas Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 332–338. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21843