Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD

Authors

  • Ni Made Dwi Sagitarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Agung Sri Asri Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432

Keywords:

model Eksperiental Learning, media konkret, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengkaji pengaruh model Experiential Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas IV dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 204 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda biasa, kemudian dilaksanakan perhitungan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov serta uji homogenitas varians menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t polled varians.  Hasil perhitungan memperoleh rata – rata 69,421 pada kelompok eksperimen dan rata –rata 64.000 pada kelompok kontrol, serta dipeoleh thitung = 2,400 > ttabel 1,993 dengan taraf signifikansi = 5% dan dk = 36+38–2 = 72 , maka dari itu diperoleh keputusan Ho ditolak, , sehingga disimpulkan bahwa model Experiential Learning berbantuan media konkret berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar.

Author Biographies

Ni Made Dwi Sagitarini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Ardana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Afief Zuhryzal, M. F. (2019). Keefektifan Model Experiental Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Conservation, 2. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/22689

Agung A.A.G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Aprilia, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5((01)), 20–34. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/322

Ariasih, N. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif SAVI Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1882

Aryuni, N. K. R. (2017). Pengaruh Modelexperiential Learning Bernuansa Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10780

Beniasih, N. M. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Core Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5678

E. Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

Edukasia, J. E., & Anggoro, S. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Rasa Ingin Tahu. 2(2), 154–163. http://jurnal.elementaria.edukasiana.ac.id

Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). Vlog Experiental Learning Pada Materi Teknik Fermentasi Tempe Produk Bioteknologi. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(03), 229–238. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/20820

Fitriyani, S., Riswandi, R., & Mustakim, E. (2018). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pedagogi, 7(9). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16240

Garinalis, W., Nurasiah, & Lyesmaya, D. (2018). Winda Garina-Iis Nurasiah-Dyah Lyesmaya Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 2 (1), Juni 2018. Attadib Journal Of Elementary Education, 2(1). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/249

Genitri, D. W. M. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Relaksasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Gugus 6 Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Gilang Camilla Alamanda. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/6631

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 8(1), 1–15. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1013

Haryanti, A., Suhartono Suhartono, & Moh Salimi. (2019). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya di Sekolah Dasar. 14(1), 39915587. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.1046

Hilman, I., & Yusup, M. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Eksperiential Learning Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. http://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id

Kasni, N. W., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Kelas V SD Kelurahan Kaliuntu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/718

Kastawaningtyas, A., & Martini, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45–52. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3090

Komang, N., Aryuni, R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Experiential Learning Bernuansa Visual , Auditori , Kinestetik Terhadap IPA Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10780

M. Saleh Fathul Jannah. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model Di Kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Paradigma, 8(1), 1–476. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munif, I. R. S. (2012). Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1014

Prasetyo, T., & Andriatna, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Experential Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Ipa Kelas III SDN Bogor The Applicability Of Experiential Learning Models To Improve The Understanding Of Grade III Science In Parakanmuncang 02 Elementary School , Nanggung. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). https://www.unida.ac.id/ojs/skripsiunida/article/view/1682

Purwandari, N. A., Suardika, I. W. R., & Putra, I. (2014). Model Experiential Learning Bernuansa VAK ( Visual , Auditori , Kinestetik ) Berpengaruh Terhadap Hasil. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3007

Putu, N., Pramita, I., Raga, G., Riastini, P. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V Kecamatan Sukadana. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2609/2219

Santiani, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10826

Silberman, M. (2016). Handbook Experiential Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supriani, Y. (2018). Pengaruh Experiential Learning Dan Kreativitas Siswa SDn Pel Amunan Kabupaten Serang Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Susanti, K. A., Suadnyana, I. N., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugusi Gusti Ngurah Rai Denpasar. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1924

Taung, R., & Tangkas, I. M. (2014). Penerapan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok. 2(2), 1–11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817

Umi, R. (2017). Keefektifan Experiential Learning Model dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Universitas Sunan Kalijaga, 1–14. http://digilib.uin-suka.ac.id

Utami, S., Gede Agung, a a, Sudiana, I. W., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Benda Asli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Tabanan. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/920

Wakhidiani, D., & Rochmiyati Rochmiyati, N. W. (2017). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pedagogi, 5(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12198

Wiandariyani, Y., Dantes, N., & Partadjaja, T. R. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banjar Tegal , Kecamatan Buleleng. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1344

Widyasari, N. N., Ni Wayan Rati, S.Pd., M. P. ., & Dra. Nyoman Kusmariyatni, S. P. . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10737

Downloads

Published

2020-07-08

How to Cite

Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 315–327. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432

Issue

Section

Articles