Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI

Putri Iman Sari, Maria Goreti Rini Kristiantari, Ketut Alit Saputra

Abstract


Pembelajaran yang berlangsung di kelas IV kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang belum digunakan secara optimal. Pembelajaran yang dilakukan juga masih bersifat konvensional (teacher centered). Sehingga menyebabkan hasil belajar IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus adalah 71 dengan ketuntasan belajar 46,42%. Hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata sebesar 73 dan ketuntasan belajar 71,04%. Rata-rata hasil belajar siklus II meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan belajar 92,08%. Dapat disimpulkan bahwa, implemensati model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Keywords


problem based learning, hasil belajar IPS

References


Abidin. (2014). Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Dasar di Sekolah Dasar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial , 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmips.v4i1.251

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Asriani, Pahriadi, S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3939

Auliah, H., Sumitro. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS . Jurnal Pendidikan UM, 18(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2123

BSNP. 2006. Permendikbud RI No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dewa, Ayu, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS SD Negeri 21 Dauh Puri. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 23887/jjpgsd.v3i1.5070

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismiyati. (2015). Peningkatan Prestasi Dan Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gedangsari - Gunungkidul Melalui Pembelajaran Group Investigation. 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p39-56

Jamaludin, I. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-Journal UM PGSD 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3233

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry sebagai Usaha untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Analisis Karakteristik Geografis Negara Thailand di Kelas VI SD Seluma. Jurnal Pendidikan IPS, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708

NCTM. 2000. Principle and Standards For SchoolSocial. United States Of America. The National Council Of Teachers Of Social. Inc.

NCTM. 2010. Principle and Standards For School Social Drive. Restore. VA: The NCTM.

OECD. 2018. Programme for International Student Assessment (PISA).

OECD. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA).

Rutiah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Bealajr IPS Siswa SD Negeri 12 Konda. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ ijee.v1i4.12957

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari. 2009. Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) .(Online). https://tep.um.ac.id/berita-223-belajar-berbasis-masalahproblembasedlearning.html.

Sri Udayanti, I. A. G., & Nanci Riastini, P. (2017). Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118

Styarsih , E. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah FKIP, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharto, & Zamroni. (2016). Peningkatan Hasil dan Efektivitas Belajar IPS Model Problem Based Learning Berbantuan Media. Jurnal UNY, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2631

Sumardi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Muatan IPS Siswa Kelas VI . E-Journal PGSD Universitas PendidikanSemarang, Vol. 5(No.2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpgsd.v5i2.11038

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Result In Mathematic. United State: TIMSS & RIRLS International Study Center.

Titin, B. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. JurnalKAjian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(1), 41. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2567

Udiani, Susanti, K. (2017). Kurangnya Berfikir dan Bekerja Secara Ilmiah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2123.

Wahab, A. A. (2008). Metode dan Model – Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37697

Article Metrics

Abstract view : 1242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.