Implementasi Nilai-Nilai Kampus Islami yang Ramah Hak Asasi Manusia

Authors

  • Mubarak Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ahmad Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Manager Nasution Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rizkindo Junior Rizaldy Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38326

Keywords:

Hak Asasi Manusia, Nilai Kampus Islami

Abstract

Kampus menjadi tempat kaum cendekiawan dengan tanggung jawab moral dalam bersikap dan berpikir. Rendahnya tanggung jawab moral menjadi sumber permasalahan dengan ditemukannya tindakan diskriminasi dalam kesenjangan sosial, kesetaran gender, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Kondisi tersebut merusak peran kampus dalam mencetak generasi unggul dan berkarakter. Hal tersebut menjadi hambatan besar, sebab kesadaran Hak Asasi Manusia sebagai hak dasar manusia dan nilai-nilai Islami sebagai bentuk tanggung jawab moral kaum cendekiawan. Penelitian ini bertujuan memberikan peran dalam menciptakan lingkungan kampus ramah terhadap Hak Asasi Manusia, serta memiliki nilai Islami ditandai dengan sikap tidak diskriminasi, toleransi, saling menghargai, dan menghormati sebagai bentuk kampus yang ideal dan harmonis.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sikap toleransi, tidak diskriminasi, saling menghargai, dan menghormati merupakan bentuk ideal dalam lingkungan kampus sebagai predikat kaum cendekiawan dengan tanggung jawab moral tertuang dalam nilai Hak Asasi Manusia yang Islami. Kampus ramah Hak Asasi Manusia yang Islami mengurangi risiko terjadinya potensi kesenjangan dalam pemenuhan hak dasar manusia sebagai Civitas Academia. Pendekatan melalui Hak Asasi Manusia berbasis Islami dalam implementasi kampus menjadi fokus penelitian terhadap Civitas Academica dengan harapan melahirkan impelementasi kampus Islami yang ramah Hak Asasi Manusia.

Author Biography

Mubarak Ahmad, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

References

Amin, A. M., Asani, R. N. C. P., Wattimena, C. R. J., & Yuniasih, A. F. (2020). Determinan Ketimpangan Capaian Pendidikan di Indonesia Tahun 2017. Seminar Nasional Official Statistics, 2019(1), 593–601. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2019i1.212.

Amsori, A. (2017). Al-Ahkam Al-Khams sebagai Klasifikasi dan Kerangka Nalar Normatif Hukum Islam: Teori dan Perbandingan. Palar | Pakuan Law Review, 3(1), 33–55. https://doi.org/10.33751/.v3i1.400.

Arifin, R., & Lestari, L. E. (2019). Penegakan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia dalam Konteks Implementasi Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), 12. https://doi.org/10.23887/jkh.v5i2.16497.

Awulle, C. S. E. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Kristen sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.35.

Begem, S. S., Qamar, N., & Baharuddin, H. (2019). Sistem Hukum Penyelesaian Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Berat melalui Mahkamah Pidana Internasional. SIGn Jurnal Hukum, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.37276/sjh.v1i1.28.

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217.

Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2020). Konsep Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai Wujud Pelaksanaan Konstitusi. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8157.

Darista, S. M. R. (2018). Sallika_Akuntansi_52416032_FilsafatMoral - Copy.

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.277.

Elkhairati, E. (2019). Piagam Madinah dan Spiritnya dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 4(1), 51. https://doi.org/10.29240/jhi.v4i1.776.

Eva Aryani. (2017). Hukum Islam, Demokrasi, dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(2), 24–31. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/357.

Faiz, M., & Choirin, M. (2020). Dinamika Pemikiran. Millah Studi Agama, 19(2), 339.

Hakiki, K. M. (2018). Insan Kamil dalam Perspektif Syaikh Abd al-Karim al-Jili. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 3(2), 175–186. https://doi.org/10.15575/jw.v3i2.2287.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [Improving Access to Education as Mandated by Law No. 20, 2003 on National Education System]. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575.

Hidayat, A. (2018). Kesenjangan Sosial terhadap Pendidikan sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400.

Indriyany, I. A., Hikmawan, M. D., & Utami, W. K. (2021). Gender dan Pendidikan Tinggi: Studi tentang Urgensitas Kampus Berperspektif Gender. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 55–72. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.9376.

Ik KAkbar, A. O. (2021). Universalisme Minimum Nilai-nilai HAM Menuju Universalisme Pluralis dalam Islam. Jurnal Al-Qisthas, 12(1), 139–181. https://doi.org/10.37035/alqisthas.v12i1.4932.

Iskandar, K. (2018). Kampung Pendidikan dan Upaya Mensukseskan Program Wajib Belajar 12 Tahun. Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 02(01), 50–80. https://doi.org/10.33754/jalie.v2i1.135.

Kasim, I. (2011). Melihat Kembali Pembangunan Berbasis Hak Asasi Manusia. HUMANITAS: Jurnal Kajian dan Pendidikan HAM, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/hpu.v1i1.10426.

Kawuryan, S. P. (2019). Relevansi Konsep Pemikiran Pendidikan dan Kebudayaan George S. Counts dan Ki Hajar Dewantara dengan Kompetensi Peserta Didik Abad 21. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 175–186. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.22045.

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972.

Liriwati, F. Y., & Yani, M. (2021). Manajemen Kultur Lembaga Pendidikan Islam. xx(xx), 747–756.

Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2.

Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik di SMA Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. Inferensi, 11(1), 163. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.163-186.

Mashari, F. (2016). Prespektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter dan Kaitannya dengan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 01(02), 285–311. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/viewFile/537/474.

Mukhoyyaroh, M. (2019). Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 15(2), 219–234. https://doi.org/10.21009/jsq.015.2.05.

Mutiara, D., & Eriyanto, E. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Kasus Kekerasan pada Orientasi Pengenalan Kampus. Jurnal Komunikasi Global, 9(1), 115–140. https://doi.org/10.24815/jkg.v9i1.16594.

Nasution, M. (2019). Pendidikan HAM dalam Konteks Islam dan Keindonesiaan; HAM yang Adil dan Beradab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 219. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1162.

Nikmatullah. (2020). Demi Nama Kampus vs Perlindungan Korban: Kasus Kekerasan Seksual di Kampus. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 14(2), 37–53. https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i2.2875.

Oktaviani, R., & Azeharie, S. S. (2020). Penyingkapan Diri Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual. Koneksi, 4(1), 98. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6635.

Periani, A., & Hariadi, W. (2020). Perlindungan Hukum terhadap Etnis Rohingya dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undhiksa, 08(02), 100–113. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.25427.

Ruslan, A., & Syukur, Abdul, K. (2020). 2020. 43–52.

Said, M. F. (2018). Perlindungan Hukum terhadap Anak dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 4(1), 141. https://doi.org/10.33760/jch.v4i1.97.

Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037.

Sari, M, & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sari, Milya. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sari, R. K., & Budoyo, S. (2019). Perkembangan Pengaturan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Hukum di Indonesia. Jurnal Meta-Yuridis, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.26877/m-y.v2i2.4686.

Sayifullah. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Jurnal Ekonomi-QU. JEQu : Jurnal Untirta, 11(1), 21–36.

Setyawan, N. B., & Arifin, R. (2019). Analisis Perlindungan terhadap Toleransi Kebebasan Beragama di Indonesia dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah dan Masyarakat, 19(1), 27–34. https://doi.org/10.19109/nurani.v19i1.3100.

Sirait, S. C. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah untuk Memberikan Pendidikan kepada Anak Terlantar dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata, 2(1), 158–182. https://doi.org/10.31219/osf.io/75tp2.

Sitorus, C. J. (2019). Quo Vadis, Perlindungan Hukum terhadap Korban Pelecehan Seksual di Kampus. Lex Scientia Law Review, 3(1), 30–39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/lslr/.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sulthani, D. A. (2018). Internalisasi Pendidikan Agama dalam Membentuk Masyarakat Madani. Humanities, 5(1), 50–68. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.813.

Viviansari, D. B. (2019). Tanggung Jawab Negara terhadap Pemenuhan Hak atas Pendidikan Anak Buruh Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal HAM, 10(2), 179. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.179-194.

Washil, I., & Fata, A. K. (2018). HAM Islam dan DUHAM PBB: Sebuah Ikhtiar Mencari Titik Temu. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2), 428–450. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.394.

Zahra, A., Fatin A, A., Afuwu, H., & Auliyah R, R. (2019). Struktur Kemiskinan Indonesia: Berapa Besar Pengaruh Kesehatan, Pendidikan, dan Kelayakan Hunian? Jurnal Inovasi Ekonomi, 4(02), 67–74. https://doi.org/10.22219/jiko.v4i2.9856.

Downloads

Published

2021-09-24

How to Cite

Ahmad, M., Ahmad, A., Nasution, M., & Rizaldy, R. J. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Kampus Islami yang Ramah Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 472–483. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38326