Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika

Authors

  • I M Dedy Setiawan STMIK STIKOM Indonesia
  • I K Po Permana STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649

Keywords:

Pembelajaran Daring, Animasi 2D, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Perubahan pola pembelajaran tatap muka menjadi pola interaksi pembelajaran secara tidak langsung tentunya membutuhkan metode pembelajaran yang relevan guna mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu media pembelajaran daring yang memenuhi kriteria tersebut adalah video animasi 2D dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran daring berbantuan video animasi 2D pada mata kuliah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Groups Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh mahasiswa semester genap yang mengikuti mata kuliah matematika. Pemilihan sampel kemudian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan metode angket/kuisioner dengan instrumen berupa tes hasil belajar. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika melalui penerapan media pembelajaran daring berbantuan video animasi 2D pada mata kuliah matematika dengan nilai t hitung sebesar 2,156 yang ternyata signifikan.  Berdasarkan hasil analisis statistik ini, media pembelajaran daring berbantuan animasi 2D berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Author Biographies

I M Dedy Setiawan, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I K Po Permana, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803.

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Astini, N. K. suni. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.

Della, E. I., & Aljamaliah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Minat Belajar pada Mahasiswa PGPAUD. Jurnal Pendidikan, 30(2). https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1524.

Desriyati, W. (2021). Video Animasi 2D Pengenalan Bangun Datar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(2), 189–195. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i2.556.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.

Dikananda, A. R., Anwar, S., Dana, R. D., & Ishak, K. M. (2021). Media Pembelajaran Video Animasi Organ Tubuh Manusia. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 4(2), 19–28. https://doi.org/10.32627/aims.v4i2.170.

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, Rahmi Wardah Khairiah, R. W., & Permana, H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana sebagai Sumber Belajar Authors. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17.

Ghulamudin, M., Maufur, & Beni Habibi. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Metode Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(2), 11–17. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i2.1710.

Hakim, L. (2020). Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online pada Masa New Normal. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656.

Indrawan, I. P. O., & Arjana, I. G. (2021). Kesulitan Belajar Daring Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Undiksha pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.33396.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2017). Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 219. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p219-229.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416.

Muhajarah, K., & Fabriar, S. R. (2020). Menjaga Mutu Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Pembelajaran Online di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 42. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3559.

Nastiti, M. D., Mustaziri, M., & Tompunu, A. N. (2021). Animasi 2D (Motion Graphic) sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi. Jurnal Elektro, 3(1). https://doi.org/10.30996/elsains.v3i1.5428.

Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere, 3(2). https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.250.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.

Permatasari, mia indah. (2021). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting) Di SMK Negeri 1 Tanjung Palas. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480.

Prabawati, I. (2021). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Daring terhadap Optimalisasi Capaian Belajar Mahasiswa dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Wahana, 73(1). https://doi.org/10.36456/wahana.v73i1.3933.

Premana, A., Ubaedillah, U., & Pratiwi, D. I. (2021). Peran Video Blog sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 132. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.24113.

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [The Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628.

Setiawan, I. M. D., & Ari Oka, I. D. G. (2020). The Use of Audio-Visual Assisted Google Classroom for Mathematics Course. Journal of Education Technology, 4(3), 244. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.28529.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). The Impact of Covid19 Pandemics on the Utilization of E Learning. Dimensi, 9(2), 307–322. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/viewFile/2543/1790.

Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan E-Learning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar pada Masa Pandemic COVID-19. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 312–321. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.269.

Downloads

Published

2021-10-12

How to Cite

Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484–492. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649