ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11971Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Matematika serta nilai-nilai budaya lokal pendukung dalam kurikulum 2013 tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat kelas V, guru kelas V, orang tua siswa, guru SBdP dan budayawan. Data dikumpulkan menggunakan pendoman pencatatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan; 1) sikap spiritual yang muncul adalah berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah, 2) nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri, 3) muatan pembelajaran matematika yang muncul yaitu statistik sederhana, dan 4) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran matematika pada tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat yaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten). Selanjutnya dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di kelas V sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)