DISKREPANSI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN MATERI IPA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DENPASAR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11973Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya diskrepansi implementasi pendekatan saintifik pada muatan materi IPA tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar Selatan ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif model diskrepansi. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang guru kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar Selatan diambil dengan teknik Multistage Random Sampling. Data implementasi pendekatan saintifik dikumpulkan dengan lembar observasi, data persepsi guru dikumpulkan dengan kuesioner, data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat diskrepansi yang kecil dalam implementasi pendekatan saintifik pada muatan materi IPA tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri di Kecamatan Denpasar selatan sebesar 35,10; dengan diskrepansi perencanaan sebesar 33,54; diskrepansi pelaksanaan sebesar 34,03; diskrepansi penilaian sebesar 37,75; (2) Persepsi guru tentang pendekatan saintifik sudah baik dengan rerata 69,22; (3) Pencapaian hasil belajar IPA siswa sudah baik dengan rerata nilai 76,37; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pengelolaan pembelajaran berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA dengan kontribusi sebesar 31%.Downloads
Published
2017-10-04
How to Cite
Arnawa, I. M. A. (2017). DISKREPANSI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN MATERI IPA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11973
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)