PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK DI RUMAH BACA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14464Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas yang dikembangkan oleh rumah baca di Rita Home Library dalam menumbuhkan minat baca dalam rangka pembentukan karakter anak. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dan mengkaji dokumen yang terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa di Rita Home Library berpusat pada peningkatan fokus bahasa inggris sehingga buku yang disajikan lebih banyak buku bahasa inggris, selain itu rumah baca di Rita Home Library menggabungkan antara perpustakaan rumah dan Pendidikan Nonformal yang sifatnya sukarela yaitu pembelajaran bahasa inggris di hari jumat dan minggu. Sehingga hal tersebut yang banyak menarik anak-anak untuk membaca di Rita Home Library. Dan akhirnya, model yang dilakukan pada rumah baca di Rita Home Library dapat menjadi acuan dalam mengembangkan model rumah baca untuk dapat menarik anak untuk berkunjung dan senang membaca.References
Basuki, R. 2012. Pembentukan Karakter Anak Bangsa Melalui Peningkatan Budaya Minat Baca. Dalam Chanafiah, Y dan Agustina, E. (ed). Seminar Nasional Membaca Karakter, Hal. 77-82, Bengkulu: FKIB Universitas Bengkulu
Dani, D.E. 2012. Program Desa Buku Taman Kyai Langgeng Magelang Sebagai Solusi Menumbuhkan Budaya Baca Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kajian Humoniora: Humanika Vol. 15 Tahun IX. Januari-Juni, 2012
Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2012. Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2014. Teknis Program Penguatan Taman Bacaan Masyarakat dan Tatacara Memperoleh Dana Bantuan Program. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal.
Elfisa, M.K dan Yunaldi. 2012. Layanan Pustakawan Anak Terhadap Anak Di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1 No. 1, September, 2012, 206-214
Harsono, A.S.R, Fuady, A, dan Saddhono, K. 2012. Pengaruh Strategi Know Want To Learn (Kwl) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri Di Temanggung. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (BASASTRA), Vol. 1 No. 1, Desember, 2012, 53-64
Istiningsih. 2013. Contribution of Religion and Media Awareness in Building Character Appearance in the Family, Campus, Community, and in the Self (Study of Student Perceptions in Yogyakarta). Journal of Education and Practice, Vol. 4 No. 9, 71-79
Jene, O.C, Yuniwati & Rohmiyati, Y. 2013. Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat “Mortir” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 2 No. 2, Agustus, 2013, 1-10
Kusrini, D.E & Puspitasari, D. 2006. Penggunaan Analisis Regresi Logistik Untuk Menganalisis Perilaku Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Pengunjung Badan Perpustakaan Propinsi Jawa Timur. Jurnal Matematika, Vol. 9 No. 1, April, 2006, 149-155
Mumpuniarti. 2012. Pembelajaran Nilai Keberagaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 2 No. 3, Oktober, 2012, 248-257
Setyowati, L. 2012. Pelaksanaan Fungsi Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) @Hospital Rumah Sakit Islam (Rsi) Jl. A. Yani 2-4 Surabaya. J+Plus Unesa, Vol. 1 No. 1, Agustus, 2012, 1-5
Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semester I). Jurnal Psikologi Undip, Vol. 8 No. 2. Oktober, 2010, 124-134
Yusuf, Taslimah. 2003. Manajemen Perpustakaan Umum, Jakarta: Universitas Terbuka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)