PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN COLLABORATIVE SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15414Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran Matematika kelas 5 di SD Negeri Salatiga 02 adalah keterampilan Collaborative siswa masih rendah dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pada studi awal menemukan bahwa 76% siswa tingkat keterampilan Collborativenya masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian mengunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Teams Games Tournament berbantu media ular tangga. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data angket untuk mengukur keterampilan Collaborative siswa. Hasil penelitian, menunjukkan belum terjadi peningkatan keterampilan Collaborative kategori tinggi pada siklus I. Setelah diperbaiki dan dilakukan pengukuran dalam siklus II, terjadi peningkatan keterampilan Collaborative sebesar 13,4%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena model Teams Games Tournament berbantu media ular tangga dapat meningkatkan keterampilan Collaborative pada siklus II.
There are problems in the process of learning Mathematics grade 5 in SD Negeri Salatiga 02 Collaborative skills is still low and the students have an impact on the low results of student learning. On preliminary study found that 76% of students Collborativenya skill level is still low. Based on these problems then the researchers conducting research using research methods a class act with a model of its Teams Games Tournament berbantu snake media ladder. This research uses data collection instruments for measuring the skills now Collaborative students. Results of the study, suggesting an increase in skills yet Collaborative category i. cycle high Once repaired and carried out measurements in cycle II, an increase in Collaborative skills of 13.4%. Based on the above description it can be concluded that this model works because research Teams Games Tournament ladder snake media berbantu can improve the skills of the Collaborative cycle II.
References
Adam, & Hams. (2010). Pembelajaran Matematika Untuk SD. Jakarta: Erlangga.
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77-89.
Fauzi, M. (2017). Peningkatan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Di Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Magistra, 4(2), 59-62.
Ibrahim, & Suparni. (2015). Pengajaran Matematika. Jakarta: Karunika.
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.
Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3, 107-121.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323-320.
Nopiani, N. M. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1), 74-83.
Negeri, K. V. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Aktivitas Setting Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas VI SD Negeri 002 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol, 5(1), 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)