PENGEMBANGAN MEDIA SIREBUNG (SISTEM RESPIRASI BURUNG ) KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26108Keywords:
Media Pembelajaran, Pengembangan, Sistem respirasi burung.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa guru dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya materi sistem pernapasan hewan hanya menggunakan media pembelajaran berupa gambar. Dan masih adanya siswa yang kesulitan dalam memahami materi, hal tersebut yang menjadikan dasar peneliti untuk mengembangkan media Sirebung (sistem respirasi burung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media sirebung (sistem respirasi burung) pada kelas V tema udara bersih bagi kesehatan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan media sirebung terdapat 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Pedurungan Kidul 01 (kelas Va dan Vb) dan SDN Jomblang 03. Hasil uji kevalidan diperoleh dari penilaian ahli media sebesar 84,5% (sangat baik) dan penilaian ahli materi sebesar 85,98% (sangat baik). Sedangkan hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil tanggapan guru sebesar 87,11% (sangat baik) dan respon siswa sebesar 94,39% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tertarik dalam penggunaan media dan media sirebung dapat digunakan sebagai media alternatif guru dalam pembelajaran. Kesimpulannya media sirebung (sistem respirasi burung) sangat layak digunakan dikelas V tema udara bersih bagi kesehatan.
References
Ananda, Niken dkk. (2018). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) Pada Tema Keluargaku . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Vol.3 (2), 98.
Hidayati, Alfi Nurul. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Pedadidaktika:Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol.4, No. 1, 338-348.
Kustandi, C. d. (2013). Media Pembelajaran Manual Dan Digital Edisi Kedua . Bogor: Ghalia Indonesia.
Lestari, Tri dan Mulyani. (2015). Pengaruh penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Ekosistem Di Sekolah Dasar . JPGSD Universitas Negeri Surabaya Volume 03 Nomor 02.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.
Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran Cet.1. Jakarta: Dian Rakyat.
Rosmiaty Azis. 2018. Implementasi Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, Volume VII, Nomor 1, Hal. 44-50. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/4932.
Sanaky, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Umayah, Siti dkk. (2013). Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi Sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Kehidupan. USEJ 2 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)