Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36781Keywords:
Discovery learning, hasil belajar IPA, power pointAbstract
Pembelajaran yang berlangsung kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang belum digunakan secara optimal. Sehingga menyebabkan hasil belajar IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model discovery learning berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa yang terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus adalah 62,80 dengan ketuntasan belajar 46,34%. Hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata sebesar 68,05 dan ketuntasan belajar 60,98%. Rata-rata hasil belajar siklus II meningkat menjadi 75,85 dengan ketuntasan belajar 82,93%. Jadi, implementasi model discovery learning berbantuan powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Implikasi yaitu pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa, adanya media pembelajaran siswa lebih tertarik, melalui penemuan materi diingat lebih lama, pembelajaran yang dilaksanakan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa.
References
Adyan, F. B., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 153–160. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.153-160
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Agusriyalni. (2021). Penerapan Model Discoery Learning pada Materi Sistem koordinasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39.
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2018). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal dan Nonverbal Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTSN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246.
Asriani, Pahriadi, S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3939.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20.
Azizah, M., Rofian, & Sholikhah, I. R. (2021). Penggunaan Media Montase untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGusseda), 04(01), 65–69. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v4i1.3279.
Cintia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808.
Elisa, N., Nuriman, & Mutrofin. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah Tahun Pelajaran 2013-2014. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59799.
Jarre, A. R., & Bachtiar, S. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Meningkat melalui Penerapan Model Jigsaw. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, 4(1), 26–33. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jbp.v4i1.672.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Kambuno, A. Y., Aminuyati, & Okianna. (2019). Pengaruh Pemberian Motivasi oleh Guru Mata pelajaran PPKn terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35772.
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry sebagai Usaha untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Penggolongan Hewan di Kelas IV SD Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708.
Muhammad, H. (2015). Pengembangan Kinerja Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas pada SMA Negeri di Kota Palopo. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 152–170. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a2.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.
Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.
Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD, 8(3), 445–456. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD.
Novelyya, S. (2019). Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 174. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.291.
Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184.
Nurqomariah, Gunawan, S. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 173–178.
Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446.
Rahayu, R. D. Y., Mawardani, & Astuti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20.
Razi, Z. M. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA :Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 8(3), 520–527. http://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas/article/view/343.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043.
Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145.
Senjawati. (2020). Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Integrated Science Education Journal, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.78.
Siboro, N. N. (2020). Peningkatan Hasil belajar PKN dengan Menggunakan Media Pembelajaran Powerpoint pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Patambuk. Jurnal Sekolah, 4(2), 134–140. https://doi.org/doi.org/10.24114/js.v4i2.17969.
Sri Udayanti, I. A. G., & Nanci Riastini, P. (2017). Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118.
Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969.
Sutama, I. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Siswa. Jurnal Iovasi, 6(4), 58–63. http://jurnalinovasi.my.id/index.php/IJG/article/view/124.
Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Whesli, H., Tyas, A., Hardini, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 698–704. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.345.
Winangun, I. M. A. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran SD. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 256–268. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.722.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA dI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)