POTENSI DUKUNGAN BUDAYA LOKAL TERHADAP MUATAN SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI PADA KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11970Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan potensi dukungan budaya lokal terhadap muatan sikap dan muatan pembelajaran, pada tema Selalu Berhemat EnergiKelas 4 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan variabel muatan sikap, muatan pembelajaran dan budaya lokal. Pengumpulan data digunakan pencatatan dokumen untuk mendapatkan data tentang muatan sikap dan muatan pembelajaran. Data tentang budaya lokal menggunakan pedoman wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah budayawan, guru kelas 4, dan Orang tua siswa. Hasil penelitian menemukan sikap spiritual ketaatan beribadah, berprilaku syukur, danberdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Muatan sikap sosial yaitu jujur,disiplin, tanggung jawab,santun, peduli serta percaya diri.Muatan pembelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Prakarya, danPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Nilai budaya lokal yang mendukung muatan sikap dan muatan pembelajaran pada tema selalu berhemat energiterdapat dalam aktivitas bermain mebade-badean, medagang-dagangan, dansepit-sepitan, mendengarkan cerita (Satua) I Siap Selem, bawang teken kasuna,dan men tiwas teken men sugih,bernyanyi (gending rare) putri cening ayu dan dadong dauh, mengucapkan salam om swastiastu, serta kewajiban mebanten seperti mebanten saiban, mebanten canang, dan mesegeh.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)