ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN

Penulis

  • Putu Ariantini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11971

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Matematika serta nilai-nilai budaya lokal pendukung dalam kurikulum 2013 tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat kelas V, guru kelas V, orang tua siswa, guru SBdP dan budayawan. Data dikumpulkan menggunakan pendoman pencatatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan; 1) sikap spiritual yang muncul adalah berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan toleransi dalam beribadah, 2) nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri, 3) muatan pembelajaran matematika yang muncul yaitu statistik sederhana, dan 4) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran matematika pada tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat yaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten). Selanjutnya dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat di kelas V sekolah dasar. 

Diterbitkan

2017-10-04

Cara Mengutip

Ariantini, P. (2017). ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11971

Terbitan

Bagian

Articles