PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Penulis

  • Ibnu Habib Alwahid Universitas Negeri Jakarta
  • Sarkadi Sarkadi
  • Umasih Umasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14509

Abstrak

Abstract

This study aims to find and obtain empirical data the influence of cooperative script learning methods and the ability to think historically on the outcomes of SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Pesisir Selatan Regency in the Lesson Year 2017/2018. This research took place from February 2018 to March 2018. The method used in this research is the experimental method with design treatment by level 2x2. In this study the instruments used are for the ability of historical thinking and learning outcomes are bebrbentuk multiple choice test. The results of this study indicate that: 1) the result of learning history of students who follow cooperative script learning method is higher than students who follow the conventional learning method, 2) terrdapat interaction effect between learning methods with the ability to think historically on student learning outcomes, 3) students who are given cooperative script learning method with higher historical thinking ability than students given conventional learning method with high historical thinking ability. 4) the result of student history learning given cooperative script learning method with having low historical thinking ability lower than students are given conventional learning methods with low historical thinking ability.

Keywords: Historical learning result, cooperative script learning method, historical thinking ability

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatan data yang empiris pengaruh metode pembelajaran cooperative script dan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berlangsung dari bulan februari 2018 sampai Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah untuk kemampuan berpikir historis dan hasil belajar adalah bebrbentuk tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran cooperative script lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional, 2) terrdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran  dengan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar siswa, 3) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi.4) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah.

 

Kata Kunci : Hasil belajar sejarah, Metode pembelajaran cooperative script, Kemampuan berpikir historis

Referensi

Abdurahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003

Agus Suprijono, Cooperative Leraning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Arukunto, Suharsimi, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2001.

Akbar, Purnomo Setiady dan Husaini Usman. 2006. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara Akdon dan Riduwan .2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Depdiknas, 2006.

Dirnyati dan Mudijono. Belajar dan Pemebelajaran. Jakarta Rineka Cipta.2006

Eveline Siregar dan hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelejaran, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2010

Gottschalk, Louis, Mengerti Sejarah. Jakarta : Universitas Indonesia, 2006.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sitem. Jakarta : Bumi Aksara, 2001

Hariyono, Mempelajari Sejarah secara efektif.(Malang:Pustaka Jaya, 2012

Isjoni, Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2009..,

Kuntowijoyo. Pegantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Bentang Budaya, 2001.

Lie, Anita, Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Leraning diRuang – Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo, 2010.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda Karya. 2008.

Nana Supriatna dan Erlina Wiyanarti (ed), Sejarah dalam Keberagaman, (Bandung: UPI, 2008.

Robert E, Slavin, Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Madia, 2008.,

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : KencanaPrenada Media Grup, 2002.

S.K. Kochhar. History of Teaching. Jakarta: Grasindo, 2008

Slameto. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta, 2003.

Slameto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2003

Slavin, Robert E. Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Penerbit Nusa Media, 2008

Sudjana. Metode Statitika. Bandung. Tarsito. 2016

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya, 2002.

Sudjono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta ; Grafindo Persada, 2006.

Supriatna, Nana, dan Erlina Wiyanarti . Sejarah Dalam Keberagaman. Bandung. UPI. 2008

Supriatna, Nana, Konstruksi Pemelajaran Sejarah Kritis. Bandung Historia Utama Press. 2007

Supriyono, Agus, Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media Grup, 2002

Wingkel w.s. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi, 2005.

Winneburg Sham. Berfikir Historis. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia. 2006.

W. John. Santrock. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pranada Meida Grup, 2007.

Supratinya dan Kristiyani. Efektifitas Metode Problem – Based Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Teori Psikologi Kepribadian II, Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 33, No. 1, 17 – 32, Jurnl.psikologi.ugm.ac.id?index.php / fpsi/article/view/81/71 (Diakses 16 November 2017)

Orianto dan Wahidin. Model Penilaian Kemamouan Berpikir Historis (Historical Thinking) Dengan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Volume. XI. No. 1, 14-16 Jurnl,Sejarah.unp.ac.id?index.php/fis/article/view/45/85 (Diakses 22 November 2017)

zMuhammad Kholik. Metode Konvensional. http: // muhammadkholik. Wordpress .com /2011/11/08 metode-pembelajaran-konvensional/ (diakses 16 November 2017)

Diterbitkan

2018-07-24

Cara Mengutip

Alwahid, I. H., Sarkadi, S., & Umasih, U. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14509

Terbitan

Bagian

Articles