PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14509Abstrak
Abstract
This study aims to find and obtain empirical data the influence of cooperative script learning methods and the ability to think historically on the outcomes of SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Pesisir Selatan Regency in the Lesson Year 2017/2018. This research took place from February 2018 to March 2018. The method used in this research is the experimental method with design treatment by level 2x2. In this study the instruments used are for the ability of historical thinking and learning outcomes are bebrbentuk multiple choice test. The results of this study indicate that: 1) the result of learning history of students who follow cooperative script learning method is higher than students who follow the conventional learning method, 2) terrdapat interaction effect between learning methods with the ability to think historically on student learning outcomes, 3) students who are given cooperative script learning method with higher historical thinking ability than students given conventional learning method with high historical thinking ability. 4) the result of student history learning given cooperative script learning method with having low historical thinking ability lower than students are given conventional learning methods with low historical thinking ability.
Keywords: Historical learning result, cooperative script learning method, historical thinking ability
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatan data yang empiris pengaruh metode pembelajaran cooperative script dan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berlangsung dari bulan februari 2018 sampai Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah untuk kemampuan berpikir historis dan hasil belajar adalah bebrbentuk tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran cooperative script lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional, 2) terrdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar siswa, 3) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi.4) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah.
Kata Kunci : Hasil belajar sejarah, Metode pembelajaran cooperative script, Kemampuan berpikir historis
Referensi
Abdurahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003
Agus Suprijono, Cooperative Leraning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Arukunto, Suharsimi, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2001.
Akbar, Purnomo Setiady dan Husaini Usman. 2006. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara Akdon dan Riduwan .2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Depdiknas, 2006.
Dirnyati dan Mudijono. Belajar dan Pemebelajaran. Jakarta Rineka Cipta.2006
Eveline Siregar dan hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelejaran, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2010
Gottschalk, Louis, Mengerti Sejarah. Jakarta : Universitas Indonesia, 2006.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sitem. Jakarta : Bumi Aksara, 2001
Hariyono, Mempelajari Sejarah secara efektif.(Malang:Pustaka Jaya, 2012
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2009..,
Kuntowijoyo. Pegantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Bentang Budaya, 2001.
Lie, Anita, Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Leraning diRuang – Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo, 2010.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda Karya. 2008.
Nana Supriatna dan Erlina Wiyanarti (ed), Sejarah dalam Keberagaman, (Bandung: UPI, 2008.
Robert E, Slavin, Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Madia, 2008.,
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : KencanaPrenada Media Grup, 2002.
S.K. Kochhar. History of Teaching. Jakarta: Grasindo, 2008
Slameto. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta, 2003.
Slameto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2003
Slavin, Robert E. Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Penerbit Nusa Media, 2008
Sudjana. Metode Statitika. Bandung. Tarsito. 2016
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya, 2002.
Sudjono, Anas. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta ; Grafindo Persada, 2006.
Supriatna, Nana, dan Erlina Wiyanarti . Sejarah Dalam Keberagaman. Bandung. UPI. 2008
Supriatna, Nana, Konstruksi Pemelajaran Sejarah Kritis. Bandung Historia Utama Press. 2007
Supriyono, Agus, Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media Grup, 2002
Wingkel w.s. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi, 2005.
Winneburg Sham. Berfikir Historis. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia. 2006.
W. John. Santrock. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pranada Meida Grup, 2007.
Supratinya dan Kristiyani. Efektifitas Metode Problem – Based Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Teori Psikologi Kepribadian II, Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 33, No. 1, 17 – 32, Jurnl.psikologi.ugm.ac.id?index.php / fpsi/article/view/81/71 (Diakses 16 November 2017)
Orianto dan Wahidin. Model Penilaian Kemamouan Berpikir Historis (Historical Thinking) Dengan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Volume. XI. No. 1, 14-16 Jurnl,Sejarah.unp.ac.id?index.php/fis/article/view/45/85 (Diakses 22 November 2017)
zMuhammad Kholik. Metode Konvensional. http: // muhammadkholik. Wordpress .com /2011/11/08 metode-pembelajaran-konvensional/ (diakses 16 November 2017)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)