PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU BERBANTUAN PETA KONSEPTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn

Authors

  • Ni Nym. Tri Ayu Sukraningsih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Nym. Ganing Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I G. A. Agung Sri Asri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18556

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siswa 438 orang. Sampel penelitian adalah kelas IVB SD No. 4 Dalung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 26 orang dan siswa kelas IVA SD No. 5 Dalung sebagai kelompok kontrol sebanyak 26 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan peta konsep dan kelompok  siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Tari Bambu, Peta Konsep, Kompetensi Pengetahuan Pkn

 

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Asmani, Jamal. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.

Desmawati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Vol. 11 No.1, Hal. 17-28. Tersedia Pada : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/3331. (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Harianto, dan Ambo Dalle. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 2 No.1 Hal. 9-14. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/5626. (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lestari, Beni. 2017. “Penerapan Model Tari Bambu (Bamboo Dancing) Dengan Media Kartu Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Organisasi Di Kelas V Sekolah Dasar”. e-journal PGSD Universitas Sebelas Maret Jurusan PGSD, Volume 5, Nomor 5.1 (hlm. 1-6). Tersedia pada jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses tangal 23 Januari 2018).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rizqa, Auliya. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu didukung Media Visual terhadap Hasil Belajar dalam Menjelaskan Berbagai Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 09 Hal. 1-12. Tersedia Pada : simki.unpkediri.ac.id. (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan &Pengembangan. Jakarta:Prenamedia Group.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Dasar 1945, 2014. Surabaya: Apollo Lestari.

Winataputra, Udin dkk., 2006. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yogidibrata, Pramesti. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Lisan Anak Kelompok B3 TK Widya Santhi Denpasar”. e-journal PG-PAUD UNDIKSHA Jurusan PGPAUD, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 1-10). Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Yuniari, Wayan. 2017. “Pengaruh Model Bamboo Dancing Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-12). Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 23 Januari 2018).

Yusuf, A. Muri. 2015. Assesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

How to Cite

Sukraningsih, N. N. T. A., Ganing, N. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU BERBANTUAN PETA KONSEPTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18556

Issue

Section

Articles