Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa

Authors

  • I Wayan Misnawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266

Abstract

Pembelajaran membaca yang dilakukan pada proses pembelajaran, rata-rata siswa kurang mampu melakukan pelafalan dengan baik dan masih belum memahami bahan bacaan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu, penerapan model SQ3R berbantuan buku cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ3R berbatuan Buku Cerita terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa SD kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 248 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa dengan teknik menggunakan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata keterampilan membaca di kelas eksperimen 80 dan di kelas kontrol 65, sedangkan thitung diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa model pembelajaran SQ3R Berbatuan Buku Cerita berpengaruh positif terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa SD kelas III. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan menarapkan model pembelajaran SQ3R berbantuan buku cerita mengakibatkan siswa bertambah gairah sehingga keterampilan membca siswa meningkat.

Author Biographies

I Wayan Misnawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Desak Putu Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adipta, H., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 1(5).

Afriyeni, S., Haji, S., & Connie. (2017). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). No Title. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 69–80.

Arini, Kristiantari, Rini, M. G., & Ganing, N. N. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Undiksha.

Arnasih, N. W., Marhaeni, M. P. A. N., & Putu, M. S. P. I. B. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Cerita Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Calistung Siswa Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1).

Asriyani, N. K. S., Rati, N. W., & I Nyoman Murda. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Literasi Siswa Kelas III SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.

Dibia, & Dewantara. (2012). Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. PT Raja Grafindo Persada.

Effendi, R. (2016). Model Pembelajaran SQ3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Faizah, U. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Hasanah, M., Abdullah, A., & Sugianto, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) dan Learning Strategy Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2).

Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di Slb Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

I Gusti Ayu Cahyani Ari Putri, Putra, KT.NGR. Semara, & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Marantika, C. (2019). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Masykur, Khanafiyah, S., & Handayani, L. (2006). Penerapan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2).

Mawaddah, E. N. (2018). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III MI Mimbarul Huda Langkap Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Universitas Peradaban).

Mendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Nurfitriana, E., & Heryatun, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(01), 43–50.

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Tehnik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1).

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Jurnal Puitika, 11(1).

Prayoga, R. W., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1498–1503.

Putri, Y. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3).

Rahmawati, A. (2016). Penerapan Sq3r Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2).

Slamet, S. dan. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenanda Media Grup.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Misnawan, I. W., Parmiti, D. P., & Renda, N. T. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282–292. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>