Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • Ni Nyoman Sekar SD Negeri 6 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29067

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD yang prestasi belajarnya masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. subjek penelitian tindakan ini adalah kelas IV SD. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 68,24 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69,86 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,13. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SD.

 

References

Akbar, M., Irhasyuarna, Y., & Rusmansyah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 65–77.

Cahyo, E. D. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 03(1), 39–59.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Lastuti, F. F. B., Harlin, H., & Darlius, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Model Problem Based Instruction Dengan Direct Instruction Di Smkn 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. https://core.ac.uk/download/pdf/267824504.pdf.

Multasyam, Yani, A., & Ma’ruf. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 298–308. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/328.

Mulyasa. (2016). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, N. H., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564.

Nilasari, E. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Purnamasari, N., & Hidayat, S. H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION ) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP Keywords : Direct Varians terbesar Varians terkecil Keterangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa,” 4(2), 51–54.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Rainis. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Rainis. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1247–1254. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7898.

Siti Afifah. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. PSIKOBORNEO, 7(4), 965–972.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72.

Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836.

Susiana, R., & Wening, S. (2015). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar Dan the Effect of Multimedia – Aided Direct Instruction on the Learning Motivation for Achievement in the. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 377–393.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Widiastini, L. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4, 135–141.

Zahrina, H. A. (2019). Penggunaan Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar SBdP pada Materi Montase di Kelas IV SD Negeri Pamulang Tengah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 211–222.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Sekar, N. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 347–353. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29067