Penerapan Metode Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Authors

  • Ni Luh Adi Palistini sekolah Dasar Negeri I Tulamben

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29086

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena banyak siswa yang cendurung pasif di kelas dan hanya mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Aktivitas siswa hanya cenderung menyimak dan mencatat sehingga berimplikasi pada aktivitas belajar yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama dan budi pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini sejumlah 37 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan metode tes. Instrumen pada penelitian ini adalah kisi-kisi soal. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yaitu Nilai rata-rata siklus I mencapai 76,22 dan siklus II mencapai 81,35. Itu berarti nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 5,13. Kemudian daya serap siswa pada siklus I sebesar 76,22 % dan siklus II mencapai 81,35%. Berdasarkan data tersebut dari siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 5,13%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sebesar 72,97% telah mengalami peningkatan sebesar 27,03 % menjadi 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti.

References

Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI Mipa 4 SMA Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p62-74.

Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110–123. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496.

Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57.

Darmansyah, D. (2014). Teknik penilaian sikap spritual dan sosial dalam pendidikan karakter di sekolah dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Al-Ta’Lim, 21(1). https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.67.

Julianingsih, D. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Penguasaan Bangun Datar Kelas VI SD Hidayatur Rohman Surabaya. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.219.

Mahardika, I. M. A. Y., Agung, A. A. G., & Rendra, N. T. (2017). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10888.

Mulyadin, M. (2016). Implementasi kebijakan pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/35/35.

Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Imron, A. (2020). Effectiveness Of Outdoor Learning Optimization Program In Learning Social Studies. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 314. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.19160.

Sari, E. (2019). Implementasi Tutor Sebaya dalam Ketuntasan Sekolah Belajar Materi Berwudhu Kelas Tingkat Sekolah Dasar. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/alt.v4i1.772.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Theodora, B. D. (2016). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Se-Kota Malang Yang Di Kontrol Dengan Variasi Sumber Belajar. Journal of Accounting and Business Education, 2(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v2i4.6079.

Wardani, U. K. (2015). Peningkatan minat dan hasil belajar memproses buku besar melalui pembelajaran tutor sebaya pada kelas x akuntansi 3 smk n i salatiga semester genap tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2). https://doi.org/https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1537.

Widiani, A. A. O. V., Lasmawan, W., & Suarni, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan permainan tradisional terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 13–22. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Palistini, N. L. A. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 375–385. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29086