Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah

Authors

  • H. Aan Hartawan SMKN 1 Talaga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087

Abstract

Rendahnya motivasi guru dalam mengajar hal ini disebabkan karena guru mengalami beban kerja yang terlalu sulit serta waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai sehingga mengakibatkan stress pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja guru melalui kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subjek pada penelitian ini berjumlah 90 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Instrument pada penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis desriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu motivasi kepala sekolah kepada bawahannya menunjukkan kategori Siklus I,51,78 (Cukup) Siklus II 71,4 (Baik). Kepala sekolah memotivasi kinerja guru dengan melakukan hal-hal seperti memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap hasil kerja guru memberikan ruang untuk berinovai kepada para gurunya, membeikan pengarahan dan pembinaan, memberikan wewenang, memberikan perhatian, memberi acara piknik dan insentif bagi guru yang berprestasi. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang terapkan kepada bawahannya adalah gaya kepemimpinan konsultatif, partisipatif, dan edukatif. Dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi kinerja guru.

References

Ahmad. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Mananjemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.

Aina, & Tuti. (2020). Improving Teacher Performance In Classroom Learning Process Through Collaborative Educational Supervisions In Elementary Schools. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7894.

Chasanah. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik DI SD Negeri Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo 2019/2020. Jurnal Literasiologi, 3(3). Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/101.

Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jurnal Idaarah, 2(1), 24 – 36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064.

Ebut, Kasbolah, & Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123.

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 3(3). Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2873/2734.

Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/414.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Putra. (2019). Interaksi Manajerial Kepala Sekolah Melalui Strategi “Simdik” Dalam Menata Sarana Prasarana Sekolah Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21280.

Ramadoni, Kusmintardjo, & Arifin. (1AD). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 8(2016). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supriyo. (2015). Motivasi Kerja Guru Smp Negeridi Kota Semarang. Cakrawala Pendidikan, 34(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4173/pdf.

Suriansyah, & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 34(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4828/4180.

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028.

Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, Danpelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 34(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4177/pdf.

Usman, & Husaini. (2015). Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 34(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7338.

Utami, & Hasanah. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.

Wardani, I. G. A. K. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1). Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1015284.

Werang, B. R. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Moral Kerja Guru, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Di Kota Merauke. Cakrawala Pendidikan, 38(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1869/pdf.

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152.

Wolomasi, Werang, & Asmaningrum. (2019). Komitmen Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Semangat dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal Of Primary Education, 2(1). https://doi.org/. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1572.

Yani, H. (2015). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembiasaan Beragama dan Berbudi Pekerti Siswa. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 168–193. Retrieved from https://attarbiyah.iainsalatiga.ac.id/index.php/attarbiyah/.

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Hartawan, H. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 386–393. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087