Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Uud Solehudin SDN 1 Sidaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :1) untuk mengetahui perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 1 Sidaraja Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020 2) Untuk meningkatan kompetensi profesional guru di SDN 1 Sidaraja Kabupaten Kuningan setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 10 guru di SDN 1 Sidaraja Kabupaten Kuningan yang memiliki karakteristik bahwa kompetensi profesionalnya rendah khususnya dalam mengembangkan materi pembelajaran. Namun, guru di sekolah ini dapat bekerja secara kolaboratif dan memiliki motivasi untuk selalu merefleksi kinerjanya serta berbagi pengalaman dengan rekan sejawatnya. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian mengenai penerapan pendekatan supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 1 Sidaraja Kabupaten Kuningan dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif secara spesifik terdiri dari tahap pra-supervisi kolaboratif, supervisi kolaboratif dan pasca-supervisi kolaboratif. Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus 1 ke siklus 2.

References

Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496.

Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57.

Darma, A. (2017). Perilaku Profesional Guru Progresif. Potensia Jurnal Kependidikan Islam, 3(2).

Dwikurnaningsih, Y., & Hartana, N. (2018). Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di SD. Satya Widya, 34(2). https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p101-111.

Hadi, S. (2019). Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Kasus Di SMP NW Jerua ). Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 114–135. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.371.

Istibsjaroh, I., & Agustina, P. (2013). Peran Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Belajar Mengajar Di Sma Negeri Bareng Jombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/50.

Kosman, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.34.

Merukh, N., & Sulasmono, B. S. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48.

Muspawi, M. (2017). Implementasi Supervisi Akademik pada MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 49–56. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3181.

Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa, 9(1). https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.520.

Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209.

Rukayah, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p37-46.

Setiawan, D., & Sitorus, J. (2017). Urgensi Tuntutan Profesionalisme Dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus: Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Batubara). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 122–129. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11382.

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., Universitas, M. P., & Malang, N. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.

Utami, S. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3). https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Solehudin, U. (2020). Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 364–374. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090