Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Ketut Wahyudi Seputra universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semua atau quasi experiment dengan disain nonequivalent post-test only control group designe. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas V yang teridiri dari kelas eksperimen yaitu SD Negeri 2 Bila sebanyak 11 siswa dan dari kelas kontrol yaitu SD Negeri 2 Bengkala sebanyak 14 siswa yang diperoleh melalui teknik group desain random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan dengan metode tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 25 butir soal. Data dianalisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap siswa yang dibelajarakan menggunakan model pembelajaran Take and Give berbantuan media Mind Mapping yang dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yaitu (thitung = 3,29 > ttabel = 1,714). Berdasarkan hasil analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Take and Give berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.

Author Biography

I Ketut Wahyudi Seputra, universitas pendidikan ganesha

pgsd

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 124. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511

Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61

Dewi, Asri, Wiyasa, & K. (2014). Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar PKn SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2032

I. A. G, S. U., & Riastini, P. N. (2017). Penerapan Metode Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118

Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27

Marliana et al. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take And Give Berbatuan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal TP Undiksha, 3(1).

Meda, L. Y., & Wakidi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. PESAGI. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 5(8).

Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Media Gambar Pahlawan Nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785

Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Tadrîs, 2(1), 120–133. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/211/202

Mutia, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562

Ratih Sulistyastuti, D. (2007). PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAN MDGs DI INDONESIA Sebuah Refleksi Kritis. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2(2), 19–44. http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/ojs248jki/index.php/jki/article/view/146/179

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sartono, N., Komala, R., & Dumayanti, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Filum Arthropoda. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 20–27. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.4

Sela, S., Akip, M., & Permatasari, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.46368/jpd.v6i2.146

Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 146–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32

Suwitri, N. P. D., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Banjar Anyar Kediri. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1251

Tembang, Y., Sulton, & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6), 812–817.

Van Hayus, E. S., Apriyanto, D., & Mulyani, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Kemampuan Memori Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Siswa Kelas X Semester Gasal Di Sma Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 1–10.

Wicaksana, R. B. (2012). Penerapan Pembelajaran IPA dengan Strategi Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Madiun. Pensa E-Jurnal, 9–25. http://ejournal.unesa.ac.id/article/333/37/article.pdf

Yenimar. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 44. https://doi.org/10.29210/12017296

Yuliastini et al. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbatuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS. E-Journal TP Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5599

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Seputra, I. K. W. (2020). Model Pembelajaran Take and Give Berbantuan Media Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29426