Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD

Authors

  • Alycia Novena Nugroho
  • Gamaliel Septian Airlanda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29712

Abstract

Masalah yang dihadapi tentang proses penilaian di seolah dimana guru cenderung memberikan soal dengan tingkatan kognitif rendah dan jawaban singkat, sehingga kurang diperhatikannya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA  kelas 4 SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah Intrument penilain keterampilan berpikir Kritis.  Hasil analisis pada 15 butir soal uraian validitas menurut review para ahli diperoleh hasil yang baik. Berdasarkan hasil validasi dari pakar materi dinyatakan valid dan kelayakan mencapai angka 77%. Hasil validasi pakar instrumen dinyatakan valid dan kelayakan mencapai angka 70,5%. Sedangkan hasil validasi pakar bahasa mencapai angka 75,5%.  Instrumen peniliaian yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai penilaian keterampilan berpikir kritis IPA untuk siswa kelas 4 SD.

References

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/4443/3807

Fazriani, N., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 124–138. https://doi.org/10.30651/st.v12i2.2802

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Hasan, S. W., Auliah, A., & Herawati, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Chemistry Education Review, 3(2), 185–1939. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13769

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Marfilinda, R., Fitria, Y., & Marsidin, S. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7 E Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 84. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.84-97

Mustikasari, V. R., Munzil, M., & Lestari, L. P. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Pendengaran dan Sonar SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 116. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/212

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.190

Saputri, N., Adlim, A., & Inda Rahmayani, R. F. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Untuk Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 114–124. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397

Wijaya, U. R. B., Sumarni, W., & Haryani, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Kimia Berpendekatan Sets (Science, Environment, Technology, and Society). Chemistry in Education, 6(2), 35–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/18169

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Nugroho, A. N., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29712