Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn

Authors

  • I Made Sukerta SMA Negeri 1 Petang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29760

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XII IPS pada pembelajaran PPKn melalui metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA berjumlah  27 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan tingkat ketuntasanan sebesar ≥ 75. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah diterapkanya model kooperatif tipe team games tournament hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan tiap siklus ditunjukan dengan perolehan rata-rata skor dua pengamat sebesar 40.5 atau 62.37% dan masuk dalam kategori kurang atau rendah, selanjutnya aktivitas belajar pada siklus 1 menunjukan bahwa perolehan skor observasi sebesar 47.5 atau nilai rata-rata tabel 73.07 dan masuk dalam kategori cukup, dan pada siklus II aktivitas belajar memperoleh skor sebesar 54 atau nilai rata-rata 83.07 dan masuk dalam kategori baik. Jadi, model kooperatif tipe team games tournament berdampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Aldona, V., Sitompul, S. S., & Mursyid, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Alat Peraga Papan Optik Di Smp. 3(2), 54–67.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Depdiknas. (2013). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Hermawan Budi Santoso, S. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 5–9.

Ikm, P., & Ugm, F. K. (2011). Penelitian Eksperimen Penelitian Eksperimen. 1–38.

Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Asatiza Jurnal Pendidikan, 1(1), 118–138.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Nurfathoanah. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 118. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.857

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.

Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. In Akademia Pustaka.

Wahyudi, & Suseno, N. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Semester Ganjil Sman 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.109

Downloads

Published

2020-11-04