Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS

Authors

  • Luh Putu Shinta Destina Putri Utami Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • I Gede Astawan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • Made Krisnaningsih Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577

Abstract

Kegiatan belajar masih berpusat pada guru seperti berceramah. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaan dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu obeservasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembaar kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis desktiptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pada siklus I data hasil belajar muatan pelajaran IPS mencapai 63,07% dengan kategori tinggi dan pada siklus II mencapai 80,76% berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar muatan pelajaran IPS mencapai 17,69%. Jadi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS siswa kelas VI. Implikasi model pembelajaran Problem Based Learning memberikan kesempatan siswa menyampaikan ide/gagasan, dan meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran.

 

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Aditya, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v1i2.148

Andhika, I. M. E., Suardika, W. R., & Wiyasa, I. K. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.950.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anggreni, P. F., Asri, I. A. S., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share ( Tps ) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Gugus Letkol Wisnu. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10645.

Anugraheni. (2018). Meta Analisis Model problem based learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1). http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Asyari, M., Henie, M., Muhdhar, I. Al, & Ibrahim, H. S. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36–44. http://dx.doi.org/10.1108/IJLLS-10-2014-0042. DOI: https://doi.org/10.1108/IJLLS-10-2014-0042

Awaludin, Wibawa, & Winarsih. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2). http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014). Effects of problem-based learning vs. traditional lecture on Korean nursing students’ critical thinking, problem-solving, and self-directed learning. Nurse Education Today, 34(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012

Daniel, E. (2016). The Usefulness of Qualitative and Quantitative Approaches and Methods in Researching Problem-Solving Ability in Science Education Curriculum. Journal of Education and Practice, 7(15), 91–100. https://doi.org/2222-288X.

Dwi, Arif, & Sentot. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemecahan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model problem based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Fitriani, K., & Wuryandari, W. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kerja sama siswa. Jurnal Civics, 16(1), 80–88. https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520

Gunantara, Suarjana, & Riastini. (2014). Penerapan Model problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058.

Hadi, & Rahmantika. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah. (2019). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi Seni Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553. DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Haryati, Y. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Husnah, M. (2017). Hubungan Tingkat Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 01(2), 10–17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032009. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032009

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261.

Kamisa, A. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Sman 1 Butar Sulawesi Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 12(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9542. DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9542

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangn E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91–103. http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Kristinawati, E., Susilo, H., & Gofur, A. (2018). ICT Based-Problem Based Learning on Students’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 38–42. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v6i2.11683.

Lukitasari, Purnamasari, Utami, & Sukri. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How its impact on students’ critical thingking skills? Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3), 425–434. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048

Mahardika, I. P. M., Dantes, & Widiana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13069.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model problem based learning dan Inquiry. Jurnal Mosharafa, 5(1).

Ningsih, P. R., Arif Hidayat, & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan, 3(12), 1587–1593. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Noge, M. D., Tegu, Y. I., & Kaka, P. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(3). https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2). https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105. DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Nurkanca & Sunartana. (1992). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Nuswowati, M., Susilaningsih, E., Ramlawati, & Kadarwati, S. (2017). Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 221–228. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9467. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9467

Pour, & Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://dx.doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17. DOI: https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17

Putri, Ardana, & Agustika. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika Universitas Syiah Kuala, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608. DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based Learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Rozhana, K. M., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Intelegensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355

Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Syairani, & Tarigan. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4008. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5385

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Triana, Garminah, & Suartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6938.

Wahyuni, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model problem based learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771

Wati, Darsana, & Suardika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894

Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Yazar Soyadı, B. B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253. DOI: https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Putri Utami, L. P. S. D., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577

Issue

Section

Articles