Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • I Gede Mudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • N N Arca Aspini Sekolah Dasar Negeri 2 Banyuning

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36096

Abstract

Keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika masih kurang, sehingga berdampak pada hasil belajar. Hal tersebut karena dalam kegiatan pembelajaran guru cenderung menggunakan metode konvensional, maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat merangsang siswa agar aktif dan mampu berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Power point pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pada prasiklus yaitu 60,42 dengan kategori rendah, siklus I yaitu 67,5 dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 88,3 dengan kategori tinggi. Maka, penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III SD.. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa dan guru dapat menggunakan model PBL dalam pembelajaran lainnya.

Author Biography

I Gede Mudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adiyanti, D. S. (2020). Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. National Conferenci for Ummah, 1(2). https://doi.org/103.106.72.138/index.php/NCU2020/article/view/645.

AlperAslan. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(1), 23. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Astuti, F., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N., & Duong, N. (2018). Effectiveness Of Elements Periodic Table Interactive Multimedia In Nguyen Tat Thanh High School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101. DOI: https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101

Bosica, J., S.Pyper, J., & Stephen MacGregor. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dwi Agustini, N. K., & Japa, I. G. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

I Ketut Nirta. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 14 Cakranegara Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Paedagogy, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2524. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v4i1.316

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Iswanto, E., Suharmono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI), 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). The Effect of Using Power Point Media on the Interest in Learning History of Class X Students of SMA Negeri 1 Bumiayu for the 2017/2018 Academic Year. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1905.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Listiani. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 4. Jurnal Mita Pendidikan, 1(6), 694. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2276

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3886

Mitchell, B. L., Cuéllar-Partida, G., Grasby, K. L., Campos, A. I., Strike, L. T., Hwang, L. D., Okbay, A., Thompson, P. M., Medland, S. E., Martin, N. G., Wright, M. J., & Rentería, M. E. (2020). Educational attainment polygenic scores are associated with cortical total surface area and regions important for language and memory. NeuroImage. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.116691. DOI: https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.116691

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar SiswaKelas 2 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Pelawiten, P. G., Goni, A. M., & Tumurang, H. J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD GMIM 1 Woloan. Dinamika Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1588. DOI: https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1588

Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. Jpsd, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131.g2695. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279. DOI: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 175–183. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.990. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.990

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946

Sa’dulloh, M. (2021). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Hak dan Kewajiban terhadap Tumbuhan. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 90–99. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i1.40.

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813.

Sartika, R. P. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Laboratorium. EDUSAINS, 10(2), 197–205. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376

SisteIswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Tech, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2013). Pelatihan Penulisan Proposal Peneliti Tindakan (PTK) bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02. DOI: https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Mudiana, I. G., Bayu, I. G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36096

Issue

Section

Articles