Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa

Authors

  • Yayuk Setyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Rais Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752

Abstract

Rendahnya kemampuan karakter disiplin siswa kelas V SD diduga karena kurangnya perhatian kepada siswa. Teknik yang digunakan dalam pembentukan karakter adalah peran guru kelas lebih ditekankan lagi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V, serta kepala sekolah. Objek dari penelitian ini adalah pembentukan karakter disiplin pada siswa. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru kelas sangat berperan (menentukan) dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa dengan menggunakan tiga teknik yaitu; teknik inner control yaitu keteladanan dalam segala aspek kehidupan sekolah sebagaimana dituangkan dalam peraturan sekolah, teknik external control yaitu menegakkan peraturan sekolah dengan dua cara, memberikan hukuman yang bersifat mendidik kepada siswa yg melanggar peraturan (tidak disiplin) dan memberi pujian/hadiah/respon positif bagi siswa yang disiplin (tidak melanggar peraturan), teknik cooperatif control yaitu mengadakan kerjasama yang di wujudkan dalam bentuk kontrak kerja yang berisi peraturan disiplin sekolah berupa tata tertib dan sanksinya bagi yang melanggarnya.

References

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560

Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 704–831.

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126–135.

Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273

Buntarti, R. S., & Udjang, R. (2015). Kompensasi dan Disiplin Kerja pada Kinerja Karyawan dengan lama bekerja sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 3(2), 1–9.

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal V, XIV(1), 54–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan disiplin dan prestasi belajar pai menggunakan model quantum teaching kelas vii mts nu al ishlah binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Nasution, T. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Sosial & Budaya, 1(2), 1689–1699.

Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Insan Mandiri.

Puji Rahayu; Maisaroh, S. (2008). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Setyawan, W. W., Mustadi, A., & Yogyakarta, U. N. (2015). Pengembangan Ssp Tematik-Integratif Untuk Membangun Karakter Disiplin Dan Kreatif Siswa Kelas I Sd. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 108–119. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4072

Sutiyono. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(3), 309–320. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2753

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Kata Kunci: 286–295.

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520–526. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752

Most read articles by the same author(s)