Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA

Authors

  • I. A. G. Sri Udayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118

Keywords:

Take and Give, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A SD Negeri 2 Sempidi setelah penerapan metode Take and Give. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 orang siswa kelas IV A. Hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Take and Give pada siswa kelas IV A. Dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebelum tindakan adalah  62,8%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 70,9% pada kriteria “Sedang”. Setelah dilaksanakan perbaikan pada  tindakan pada siklus II, rata-rata hasil belajar semakin meningkat mencapai 81,4% pada kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A Semester ganjil SD Nomor 2 Sempidi Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Agung, A.A. Gede. 1997. Metodelogi Penelitian Pendidikan .Singaraja: STKIP Singaraja

Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta : Depdiknas.

Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Darmodjo dan Kaligis. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Darmojo, Hendro., Jenny R.E Kaligis. 1993. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.

Dimyanti dan Moedjiono .1999.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikdud.

Hamalik. 2001 . Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, N. dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Jaelani.2011. Teori Motivasi Belajar .Jakarta: Rajawali Press

Kurniasih Imas & Sani Berlin. 2015.Model Pembelajaran. Jogjakarta: Katapena.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nurkancana, Wayan, dan PPN Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Rustaman, Nuryani. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Shoimin. 2014. 68. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-RuzzMedia.

Susanto, Ahmad, 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta: Kencana

Suyatno, Huda. 2009. Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur : Masmedia Buana Pustaka

Tanindra, Tukiran dkk. 2015. .Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, Agus. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pusat Karya

Downloads

Published

2017-05-22

How to Cite

Sri Udayanti, I. A. G., & Nanci Riastini, P. (2017). Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10118