PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SDN 3 BANJAR JAWA

Authors

  • Ningsi Soisana Lakilaf universitas pendidikan ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Think-Pair-Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa  setelah penerapan model pembelajaran Think-Pear-Share bermediakan gambar pada siswa kelas II Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 silklus,  setiap siklus  terdiri dari 2 pertemua, dengan tahapan yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa  dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share bermedia gamabar diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan hasil presentasi mendeskripsikan secara tertulis sebelum pelaksanaan tindakan 27%, siklus I 77% dan Siklus II 90 %. Pembelajaran dengan menerapkan model Think-Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model Think- Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan  menulis siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa,. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.

Author Biography

Ningsi Soisana Lakilaf, universitas pendidikan ganesha

-

References

Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Asep, Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagafindo Persada.

Shoimin, Aris.2016. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Purwanto. 2013. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Downloads

Published

2017-12-15

How to Cite

Lakilaf, N. S., & Suarjana, I. M. (2017). PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SDN 3 BANJAR JAWA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 284–287. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>