PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Mari anti Universitas Esa Ungggul
  • Ratnawati Susanto Universitas Esa Ungggul

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510

Keywords:

Cooperative Learning Model, Teams Games Tournament (TGT) type, Interpersonal Intelligence

Abstract

Interpersonal intelligence is one of the goals in elementary school education. Interpersonal intelligence is a key element in the adaptation of children in their social relationships. SDN Kebon Jeruk 11 Pagi West Jakarta found a number of 19 students of 30 children (63%) have barriers Interpersonal intelligence. Quantitative Research with One Shot Case Study Experiment using sample saturated with size 30 in research influence influence model cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) to interpersonal intelligence. The results of this study prove that: The more effective the steps of cooperative learning model type TGT done then the better the interpersonal intelligence. So in this research result that model Cooperative Learning type Teams Games Tournament (TGT) have positive effect to interpersonal intelligence.

References

Abu Ahmadi, (2003) Ilmu Sosial Dasar (Jakarta: PT RINEKA CIPTA)

Adi W. Gunawan,(2011) Born to be a Genius (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)

Agus Suprijono, (2011) Cooperative Learning-Teori dan Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Chatib, Munif. (2015). Sekolahnya Manusia

Desmita,(2010) Psikologi Perkembagan (Bandung: Rosda)

Deddy Wahyudi, Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Interpersonal, Interpersonal dan Eksistensial http://jurnal.upi.edu/file/4-Deddy_Wahyudi.pdf‎. (Online)

Depdiknas, (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI (Jakarta: Depdiknas)

Fakih Samlawi,dkk, Konsep Dasar IPS (Jakarta: Depdikbud)

Handini, Kecerdasan interpersonal pada siswa IV SDN kembaran kulon 1

Huda ,Miftahul. (2014). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran

Imanita, (2014). jurnal pendidikan Penga-ruh metode pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar sisa SMA

Isjoni,(2009) Cooperative Learning-Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok (Bandung: Alfabeta, 2007),dung: PT REMAJA ROSDAKARYA)

Jasmine, Julia. (2016). Metode Mengajar MULTIPLE INT

Jalaluddin Rakhmat, (2007) Psikologi Komunikasi (Bandung: Rosda)

ELLIGENCES

Lou Russel,(2001) The Accelerated Learning Fieldbookditerjemahkan oleh M. Irfan Zakkie (Bandung: Nusa Media)

Metode Pembelajaran IPS Terpadu-Analisis Kritis tentang Metode, Strategi, Evaluasi, dan Media Pembelajaran Bidang Studi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi dan Isu Pembelajaran IPS Terpadu (Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2011)

Model Pembelajaran IPS (Jakarta: Bumi Aksara)

Robert E. Slavin, (2009) Cooperative Learning (Theory, Research and Practice) (Boston: Allyn and Bacon)

Priansa, Doni Juni. (2014) . Kinerja dan Profesionalisme GURU. Bandung: CV Alfabeta.

Rusman,(2011) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA)

Said, Budimanjaya. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences

Sapriya,(2008) Pendidikan IPS (BanEtin Solihatin, Raharjo, Cooperative Learning-Analisis

Suyadi,(2009) Anak yang Menakjubkan (Yogyakarta: DIVA Press)

Thomas Armstrong,(2009) Multiple Intelligences in the Classroom (Alexandria: ASCD)

Trianto,(2010) Model Pembelajaran Terpadu -Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara)

T. Safaria,(2005) Interpersonal Intelligence-Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak (Yogyakarta: AMARA BOOKS)

Winataputra dkk,(2015) PEMBARUAN DALAM PEMBELAJARAN

Wahyuni dkk, JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah kuala vol 3. No 4, Oktober 2016, hal 33 – 42Hubungan Kercerdasan Interpersonal Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying di SDN 40 Banda Aceh

Downloads

Published

2017-12-15

How to Cite

anti, M., & Susanto, R. (2017). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510